Cacar monyet/kemenkes
Health

Tips Mencegah Mpox dan Makanan yang Bisa Mengurangi Dampaknya

Redaksi
Rabu, 28 Agustus 2024 - 11:25
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Dilansir dari laman resmi World Health Organization (WHO), monkeypox (mpox) merupakan sebuah penyakit yang disebabkan oleh virus cacar monyet atau monkeypox virus (MPXV).

Virus tersebut merupakan sebuah spesies yang berasal dari genus Orthopoxvirus dalam famili Poxviridae.

Jika Anda tertular penyakit ini, Anda dapat merasakan ruam yang menyakitkan, pembengkakan kelenjar getah bening, demam, sakit kepala, nyeri otot, nyeri punggung, dan tingkat energi yang rendah.

Saat ini, mpox terus menjadi ancaman–dengan meningkatnya jumlah kasus di berbagai negara. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk tetap menjaga kesehatan diri dan lingkungan.

Dilansir dari CDC, berikut beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk mencegah mpox:

1. Jangan lewatkan vaksinasi

Vaksin JYNNEOS telah direkomendasikan untuk menjauhkan Anda dari mpox. Agar vaksin dapat berfungsi secara efektif, Anda harus mendapatkan dua dosis–yang berjarak empat minggu.

Namun, tubuh Anda sudah tidak memerlukan vaksin jika Anda sudah pernah terkena mpox dan berhasil pulih. Meskipun begitu, tetap konsultasikan kepada layanan kesehatan Anda apakah vaksin mpox direkomendasikan untuk Anda.

2. Minimalisir acara kumpul-kumpul

Jika Anda belum menerima dua dosis vaksin, Anda harus mempertimbangkan untuk meminimalisir berbagai kegiatan yang melibatkan kontak pribadi secara dekat.

Pergi ke tempat ramai dengan mengenakan pakaian minim pun sangat berisiko. Terlebih lagi apabila Anda melakukan kontak langsung–seperti bersentuhan kulit.

3. Hindari kontak kulit ke kulit dengan orang yang memiliki ruam

Anda sebaiknya menghindari bersentuhan kulit dengan orang yang memiliki kulit dengan ruam, jerawat, lepuh, atau koreng. Ruam sendiri dapat Anda lihat dari tangan, kaki, dada, wajah, atau mulut seseorang.

Di beberapa daerah endemik mpox, Anda juga harus menghindari kontak langsung dengan beberapa hewan–seperti hewan pengerat dan primata.

4. Hindari berbagi benda dengan penderita mpox

Jangan berbagi peralatan makan, peralatan tidur, peralatan mandi, atau pakaian dengan penderita mpox. Memegang atau menyentuh barang-barang tersebut saja dapat membuat Anda tertular.

5. Cuci tangan sesering mungkin

Anda dapat menjaga kebersihan Anda sendiri dengan mencuci tangan sesering mungkin–dengan menggunakan sabun dan air. Anda juga dapat menggunakan pembersih tangan berbahan dasar alkohol.

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro