Presiden Jokowi dalam Pidato Presiden dalam rangka Penyampaian RUU APBN 2025 dan Nota Keuangan di Kompleks Parlemen, Jakarta, Jumat (16/8/2024).
Health

Jelang Lengser, Jokowi Targetkan Bangun 12 RS dengan Standar Hotel Bintang 5

Akbar Evandio
Rabu, 28 Agustus 2024 - 16:37
Bagikan

Bisnis.com, YOGYAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku bakal ada 12 Rumah Sakit (RS) dengan standar hotel bintang 5 yang akan diresmikan di seluruh Provinsi di Indonesia.

Hal ini dia sampaikan saat meresmikan Gedung Pelayanan Kesehatan Ibu & Anak Rumah Sakit Sardjito Yogyakarta, Rabu (28/8/2024). 

“Sehingga ada 12 nanti rumah sakit yang di seluruh tanah air yang kita resmikan yang standar seperti [hotel bintang 5] yaitu rumah sakit yang tadi baru saya ceritakan, gedung kesehatan untuk pelayanan ibu dan anak dari rumah sakit Sardjito,” katanya dalam forum tersebut.

Apalagi, dia mengaku miris saat memaparkan data terkait kematian ibu dan kematian anak. Lantaran di tingkat Asean, Indonesia merupakan Negara dengan tingkat mortalitas yang tinggi.

“Kematian ibu di negara kita itu ranking kesembilan dari 10 negara di Asean. Kematian anak itu ranking ketujuh dari 10 negara di Asean. Artinya sangat tinggi sekali,” ujarnya dalam forum tersebut.

Oleh sebab itu, Jokowi mengapresiasi pembangunan Gedung Pelayanan Kesehatan Ibu & Anak Rumah Sakit Sardjito Yogyakarta yang memiliki 8 lantai dan menghabiskan anggaran hingga total Rp557 miliar.

"Rumah Sakit ini memiliki 8 lantai, menghabiskan anggaran Rp 27 miliar gedungnya dan peralatannya Rp 240 miliar plus persiapan SDM Rp 50 miliar," katanya.

Lebih lanjut, Kepala negara sedikit menceritakan pengalamannya ketika masuk ke dalam RS tersebut. Menurut orang satu di Indonesia itu terdapat banyak peralatan yang modern dan terdigitalisasi.

"Ini saya kira akan jadi contoh bagaimana manajemen sebuah rumah sakit yang dikendalikan yang semuanya digital. Kalau kita masuk juga tidak seperti RS, seperti masuk hotel bintang 5, bapak ibu nggak percaya silakan nanti masuk melihat sendirii, saya kaget," pungkas Jokowi.

Penulis : Akbar Evandio
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro