Si Doel Anak Sekolahan/imdb
Entertainment

Deretan Film dan Serial Si Doel Anak Sekolahan, Diperankan Rano Karno

Redaksi
Rabu, 28 Agustus 2024 - 12:09
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Nama Rano Karno, selebriti sekaligus politikus kini tengah naik daun menyusul pencalonan calon kepala daerah di Jakarta.

Rano Karno digadang-gadang menjadi cawagub DKI. Pertama dia diisukan menjadi cawagub Anies, kemudian informasi beredar berubah menjadi cawagub Pramono Anung.

Ramainya nama Rano Karno membuat film dan serial Si Doel Anak Sekolahan menjadi bermunculan di media sosial.

Siapa yang Tidak Mengenal Sosok Si Doel? Sosok fiktif ini merupakan karakter utama dalam serial Si Doel Anak Betawi, Si Doel Anak Sekolahan, dan berbagai film lainnya. Pria Betawi ini telah menjadi salah satu ikon pertelevisian era 90-an.

Bagi Anda yang belum pernah menontonnya, berikut deretan film dan serial Si Doel yang wajib Anda tonton:

1. Si Doel Anak Betawi (1972)

Kisah Si Doel bisa dibilang menjadi saksi dari kehidupan dan karir Rano Karno. “Si Doel Anak Betawi” yang diproduksi pada tahun 1972 ini diperankan oleh Rano Karno pada saat usianya masih sekitar 12 tahun. Cerita ini diadaptasi dari novel Aman Datuk Madjoindo dengan judul yang sama.

Film yang disutradarai oleh Sjuman Djaya ini bercerita tentang Doel, seorang anak laki-laki yang tumbuh di lingkungan masyarakat Betawi. Pada saat itu, Doel berusaha untuk mematahkan stigma masyarakat yang menganggap orang Betawi konservatif.

Film ini diperankan oleh Rano Karno, Benyamin Sueb, Tutie Kirana, Fifi Young, dan masih banyak nama legendaris lainnya.

2. Si Doel Anak Sekolahan (1994)

“Si Doel Anak Sekolahan” merupakan sinetron yang tayang pada tahun 90-an di televisi Indonesia. Sinetron ini kembali menampilkan kehidupan keluarga Si Doel dalam versi yang lebih modern.

Sejak pertama kali ditayangkan, sinetron ini menjadi sangat populer. Bahkan, saat ini Anda masih dapat menonton berbagai episodenya pada stasiun televisi RCTI. “Si Doel Anak Sekolahan” sendiri terdiri dari 6 musim.

Sinetron ini mengisahkan Si Doel yang kini sudah dewasa dan berhasil membuktikan kalau orang Betawi pun bisa menempuh pendidikan yang tinggi. Meskipun hidup di tengah era modernisasi Jakarta, Doel dan keluarganya masih tetap mempertahankan nilai-nilai budaya mereka.

Tak hanya itu saja, sinetron ini juga merambah genre romansa. Kisah hidup Si Doel diwarnai dengan kehadiran dua perempuan yang mencintainya, Sarah (Cornelia Agatha) dan Zainab (Maudy Koesnaedi). Karenanya, sinetron Si Doel ini semakin menarik perhatian masyarakat.

Sinetron ini juga memasukkan unsur-unsur komedi, yang kerap ditunjukkan oleh para pemerannya. Dua karakter yang paling menonjol adalah Atun (Suti Karno) dan Mandra (Mandra Naih). Beberapa momen lucu mungkin familiar bagi Anda, seperti Atun yang terjepit terompet dan Mandra yang hobi mengamuk.

3. Si Doel the Movie (2018)

Setelah sukses dengan versi sinetronnya, kisah Si Doel kembali diangkat menjadi film. Tak tanggung-tanggung, kisah Si Doel diperpanjang hingga tiga film. Konsep ketiga film tersebut adalah melanjutkan versi sinetronnya. Jadi, Anda akan mendapatkan pengalaman yang lebih baik jika sudah menonton versi sinetronnya.

Film pertama dari trilogi kisah Si Doel tayang pada tahun 2018. Film ini kembali mengisahkan Si Doel yang telah ditinggalkan oleh perempuan yang dicintainya, Sarah.

Setelah empat belas tahun berpisah, Doel–yang kini sudah menikah dengan Zainab–pergi menjelajah ke Amsterdam untuk mencari Sarah. Namun, hati Doel harus memilih salah satu antara Sarah atau Zainab. Cerita semakin menarik saat Doel mengetahui bahwa Sarah dan dirinya memiliki seorang anak.

Film yang disutradarai oleh Rano Karno ini dapat Anda saksikan pada platform Netflix dan Vidio.

4. Si Doel the Movie 2 (2019)

Melanjutkan film pertamanya, dilema Doel semakin besar ketika Sarah dan anaknya berupaya untuk menetap di Jakarta. Istri Doel, Zainab, harus memilih antara mempertahankan pernikahan atau melepaskannya.

Film kedua ini rilis pada tahun 2019. Masih disutradarai oleh Rano Karno, Anda dapat menyaksikan film ini pada platform Netflix dan Vidio.

5. Akhir Kisah Cinta Si Doel (2020)

Sebagai penutup trilogi Si Doel the Movie, film ini menyajikan kisah penutup dari kisah cinta Si Doel. Dalam film ini, Doel dihadapkan pada dua pilihan yang sulit, antara bersatu kembali dengan keluarganya–Sarah dan anaknya–atau mempertahankan pernikahannya dengan Zainab. Film garapan Rano Karno ini juga dapat Anda saksikan di Netflix dan Vidio.

6. Si Doel the Series (2022)

Versi serial dari kisah Si Doel ini lebih berfokus pada Dul (Rey Bong), anak Doel yang mulai tumbuh menjadi remaja dan bersekolah di Jakarta. Dengan bantuan temannya, Tari (Nabila Bintang), Dul memberanikan diri untuk mengabari ayahnya tentang kondisi sang ibu yang tengah melawan penyakit.

Serial yang disutradarai oleh Rano Karno ini juga melibatkan cinta segiempat antara Dul, Tari, dan kedua temannya. Serial ini memiliki 16 episode yang dapat Anda saksikan pada platform VISION+. (Rafi Abid Wibisono)

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro