President Director Lotte Mart Indonesia Kim Tae Hoon/Bisnis
Kuliner

Makanan Khas Perayaan Chuseon, Bisa Dinikmati di Korean Fair

Mia Chitra Dinisari
Kamis, 5 September 2024 - 17:15
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kalau di Amerika Serikat ada hari thanksgiving, maka di Korea ada yang namanya perayaan chuseok.

Ini merupakan salah satu perayaan paling penting di Korea Selatan.

Chuseok juga disebut sebagai Hangawi dimana pada saat Perayaan Chuseok di Korea, masyarakat di Korea akan melakukan perayaan untuk berterima kasih dan mengucapkan syukur kepada para leluhur atas hasil panen.

"Chuseok adalah salah satu hari raya terpenting bagi orang Korea. Ini adalah waktu ketika keluarga besar berkumpul untuk merayakan sukacinta dengan berbagi makanan serta mengucapkan terima kasih pada leluhur," ungkap President Director Lotte Mart Indonesia Kim Tae Hoon dalam pembukaan Korean Fair "Happy Chuseok"

Ada beberapa tradisi yang biasanya dilakukan orang Korea saat perayaan Chuseok tersebut, salah satunya adalah makanan khas yang mereka santap.

Berikut deretan makanan khas perayaan chuseok

1. Songpyeon

Songpyeon adalah makanan khas Chuseok yang tradisi nya dibuat saat malam hari sebelum Chuseok.

Semua anggota keluarga akan duduk bersama membuat Songpyeon sambil melihat bulan.

Khususnya, bujangan dan perawan mencoba membuat songpyeon yang sebagus mungkin karena percaya dengan begitu mereka akan mendapatkan pasangan yang cantik atau tampan.

Songpyeon pada umumnya disantap pagi hari saat perayaan Chuseok. Songpyeon sendiri adalah kue beras tradisional berbentuk setengah bulan yang dikukus dan diisi dengan berbagai bahan seperti kacang merah, wijen, dan gula.

2. Pajeon

Dadar tepung terigu yang terbuat dari tepung terigu, tepung maizena, lada, kaldu bubuk, dan garam.

Pada umumnya Pajeon atau Jeon diisi dengan campuran bayam, udang, daun bawang, dan crabstick yang dipotong sesuai selera. 

3. Japchae

Japchae adalah mie korea yang berisikan potongan sapi dan sayuran yang merupakan salah satu makanan favorit warga Korea Selatan saat merayakan Chuseok.

Pembuatan japchae semakin lezat dengan campuran mie, daging sapi, sayuran, jamur, serta bumbu saos tiram dan minyak wijen.

4. Dakdoritang

Dakdoritang adalah sup ayam khas Korea yang dimasak dengan saus merah pedas bersama dengan sayuran seperti kentang, wortel, dan bawang bombay.

Sup ayam bumbu pedas ini disajikan sebagai lauk bersama dengan makanan-makanan saat Chuseok.

5. Galbi Jjim

Galbi Jjim adalah iga sapi yang direbus dengan campuran sayuran.

Galbi Jjim cocok dihidangkan dengan nasi hangat karena memiliki cita rasa gurih dan manis legit yang lezat.

Disaat Chuseok, masyarakat Korea juga menyiapkan banyak hidangan makanan lain saat berkumpul untuk merayakan festival hari panen.

Dengan banyaknya kue dan makanan khas Korea, tentunya perlu untuk menyajikan nasi sebagai pelengkapnya.

Nasi pulen dan lezat merupakan yang terbaik untuk dihidangkan pada saat berkumpul bersama. CUCKOO merupakan Rice Cooker pilihan orang Korea pada saat menyajikan Nasi. CUCKOO sebagai Brand No.1 di Korea, sudah banyak dimiliki oleh masyarakat Korea.

Kim mengatakan dalam rangka hari Chuseon, Lotte Mart menghadirkan Korean Fair "Happy Chuseok" agar pengunjung dapat merasakan kemeriahan dari hari tersebut di Indonesia. 

Selama Korean Fair "Happy Chuseok" yang berlangsung dari tanggal 5 September 2024 hingga 18 September 2024 di seluruh Lotte Mart di Indonesia, pengunjung dapat menikmati hal-hal menarik berkaitan dengan hari Chuseok. 

Beberapa makanan tersebut seperti Songpyeon dan Kimchi Jeon, barbeque khas Korea seperti beef bulgogi dan samgyeopsal. Selain itu ada juga Korean Food lainnya dan snack khas Korea.

Selain mendapatkan makanan khas Chuseok, ada juga giant bibimbap show yang menampilkan proses pembuatan bibimbap, makanan khas Korea Selatan yang terdiri dari nasi sayur-sayuran, dan daging yang disajikan dalam bentuk raksasa dan dibagikan secara gratis ke pengunjung. Ada pula beragam produk kecantikan asal Korea.

Selama Korean Fair tersebut juga terdapat Pororo Park yang merupakan taman bermain anak dengan karakter Pororo. Tak lupa, Anda dapat mencicipi berbagai macam kuliner street food dan snack khas Korea pada momen ini.

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro