Wisata air terjun Bossolo di Desa Wisata Rumbia di Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan./Bisnis-Paulus Tandi Bone.
Travel

Kunjungan Wisman Menurun, Sulsel Atur Strategi Benahi Pariwisata

Nugroho Nafika Kassa
Jumat, 6 September 2024 - 09:00
Bagikan

Bisnis.com, MAKASSAR - Melihat data kunjungan wisatawan mancanegara (Wisman) pada Juli 2024 yang tidak seramai jika dibandingkan tahun sebelumnya, Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) berencana menggodok strategi baru demi menarik lebih banyak pelancong ke wilayah ini.

Mereka akan memulainya dengan memperkuat konsep 3A, yaitu atraksi, aksesibilitas, dan amenitas. Pendalaman konsep ini diharapkan bisa memperbaiki pengelolaan tempat-tempat wisata hingga mendongkrak kunjungan.

Sekretaris Daerah Provinsi Sulsel Jufri Rahman memaparkan, penguatan atraksi yang dimaksud adalah dengan mengedepankan daya tarik yang dimiliki suatu destinasi wisata. Di Sulsel ada beberapa lokasi yang memiliki daya tarik cukup kuat mulai kekayaan alam, seni, budaya, warisan sejarah, tradisi, hingga hiburan.

Daya tarik ini akan coba ditunjang secara penuh melalui aksesibilitas yang dilakukan, mulai memperbaiki transportasi, akomodasi, infrastruktur, layanan, informasi, dan komunikasi. Penerapan ini nantinya bisa memudahkan wisatawan untuk berpindah-pindah tempat dari lokasi satu ke lainnya.

"Aksesibilitas akan membantu mengatasi berbagai hambatan yang dapat menghalangi wisatawan, seperti kesulitan mengakses tempat wisata, fasilitas yang tidak ramah disabilitas, dan kurangnya informasi. Hal ini menjadi salah satu yang akan kita benahi di Sulsel," paparnya kepada wartawan, Kamis (5/9/2024).

Selanjutnya adalah penguatan konsep amenitas atau fasilitas penunjang yang disediakan di suatu objek wisata seperti rumah makan, restoran, toko cinderamata, sarana ibadah, hingga sarana kesehatan.

"Selain itu, mengingat Sulsel merupakan daerah yang kondusif dan aman untuk dikunjungi wisatawan. Kami juga mendorong agar semua kabupaten/kota bisa semakin inovatif dan kreatif dalam menyiapkan event-event pariwisata untuk menarik minat wisatawan datang," tambahnya.

Sebelumnya, Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sulsel Aryanto memaparkan jumlah kunjungan wisman ke Sulsel pada Juli 2024 sebanyak 1.532 orang, turun 12,71% jika dibandingkan bulan yang sama pada tahun sebelumnya yang mencapai 1.755 orang.

Meskipun begitu, jika dibandingkan bulan sebelumnya atau pada Juni 2024, jumlah kunjungan wisman ke wilayah ini cukup mengalami lonjakan hingga 40,29% atau tercatat hanya ada 1.092 orang saja yang mengunjungi Sulsel pada Juni 2024.

"Sementara itu, berdasarkan data, jumlah kunjungan wisatawan lokal justru terlihat lebih baik. Pada periode Januari-Juli 2024 wisatawan nusantara tercatat sebanyak 22.118.860 perjalanan, meningkat 32,8% dibandingkan periode ng ama tahun sebelumnya yang hanya 16.535.970 perjalanan.

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro