Ragam vitamin untuk kesehatan/p2tmkemenkes
Health

Sering Merasa Kelelahan? Mungkin Anda Kekurangan 5 Vitamin Ini

Mia Chitra Dinisari
Minggu, 22 September 2024 - 12:45
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Tahukah Anda jika kehilangan sejumlah vitamin bisa membuat Anda selalu merasa kelelahan.

Jadi, kelelahan bukan hanya disebabkan oleh aktivitas berlebih, tapi juga bisa jadi tanda Anda kekurangan vitamin.

Apakah Anda sering merasa lelah, bahkan setelah tidur semalaman? Kelelahan dapat disebabkan oleh banyak faktor, namun salah satu penyebab yang paling sering diabaikan adalah kekurangan nutrisi.

Tubuh Anda membutuhkan keseimbangan vitamin dan mineral agar dapat berfungsi dengan baik. Ketika nutrisi tertentu hilang, hal ini dapat membuat Anda merasa lelah, lesu, dan tidak dapat berkonsentrasi.

Berikut lima vitamin yang jika tubuh kekurangan akan menyebabkan rasa lelah terus menerus

1. Kekurangan zat besi

Oksigen dalam tubuh Anda dibawa ke seluruh tubuh oleh zat besi. Sel darah merah Anda tidak dapat menyediakan cukup oksigen ke otot dan jaringan saat Anda kekurangan zat besi.

Hal ini mungkin menyebabkan Anda merasa lemah dan lelah. Kekurangan zat besi lebih sering terjadi pada wanita, terutama pada mereka yang mengalami menstruasi berat. Anemia adalah kelainan penyebab rendahnya zat besi yang sering bermanifestasi sebagai kelelahan, sakit kepala ringan, dan dispnea.

2. Kekurangan vitamin D

Vitamin D memainkan peran penting dalam pengaturan energi dan keseimbangan suasana hati. Tanpa cukup, Anda mungkin merasa lesu atau sedih. Karena sinar matahari merupakan sumber utama vitamin D, mereka yang menghabiskan sebagian besar waktunya di dalam ruangan berisiko mengalami kekurangan vitamin D.

Rendahnya kadar vitamin D dapat menyebabkan kelelahan dan kelemahan otot. Memasukkan makanan seperti ikan berlemak, dan susu yang diperkaya, serta mengonsumsi suplemen, terutama selama musim dingin, dapat membantu meningkatkan kesehatan Anda.

3. Kekurangan vitamin B12

Produksi sel darah merah dan fungsi saraf bergantung pada vitamin B12. Kekurangan vitamin ini dapat menyebabkan perubahan suasana hati, masalah ingatan, dan kelelahan ekstrem. Para vegan dan vegetarian sangat berisiko karena produk hewani merupakan sumber utama vitamin B12. Kelelahan, kebingungan di otak, dan kesemutan di tangan dan kaki merupakan tanda-tanda kekurangan vitamin B12. Mengonsumsi sereal, susu, telur yang difortifikasi, atau mempertimbangkan suplemen vitamin B12 dapat mencegah jenis kekurangan ini.

4. Kekurangan magnesium

Magnesium terlibat dalam ratusan fungsi tubuh, termasuk produksi energi dan fungsi otot. Kadar magnesium yang rendah dapat menyebabkan kelelahan, mudah tersinggung, dan kram otot.

Asupan magnesium yang tidak memadai juga dapat mengganggu tidur Anda, sehingga memperburuk rasa lelah. Makanan seperti almond, alpukat, dan sayuran berdaun hijau merupakan sumber magnesium yang sangat baik, namun suplemen juga mungkin bermanfaat jika pola makan Anda kurang.

5. Defisiensi folat

Folat, juga dikenal sebagai vitamin B9, penting untuk produksi DNA dan pertumbuhan sel. Ini sangat penting bagi wanita hamil tetapi juga berperan dalam tingkat energi bagi semua orang. Kekurangan folat dapat menyebabkan kelelahan, konsentrasi buruk, dan mudah tersinggung.

Anda dapat meningkatkan kadar folat dengan mengonsumsi lebih banyak sayuran berdaun hijau, kacang-kacangan, dan buah jeruk. Dalam beberapa kasus, suplemen asam folat mungkin diperlukan

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro