Punya Gejala Mirip, Kenali Bedanya Tuberkulosis dan Kanker Limfoma/kemenkes
Health

Punya Gejala Mirip, Kenali Bedanya Tuberkulosis dan Kanker Limfoma

Mutiara Nabila
Jumat, 27 September 2024 - 08:50
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kanker limfoma merupakan salah satu jenis kanker ganas yang kerap diderita orang Indonesia. Namun, penyakit ini kerap mendapat penanganan yang salah karena gejalanya mirip dengan penyakit lain. 

Hal ini dihadapi oleh Intan Khasanah, seorang penyintas Limfoma Hodgkin, yang terpaksa menjalani perawaan yang panjang dan sulit lantaran sempat salah diagnosis

Dia menceritakan sempat didiagnosis tuberkulosis kelenjar setelah mendapati 2 benjolan seukuran kelereng yang muncul di leher kanannya setelah terkena demam tinggi selama 3 hari. 

Namun, setelah 8 bulan rutin minum obat TB sembari melakukan kontrol ke RS kondisinya tidak membaik, malah semakin parah, hingga koma dan masuk ICU. 

"Ternyata ketika saya melakukan pengecekan ulang di dokter dan RS berbeda, diagnosis yang muncul adalah Limfoma Hodgkin, dan saat itu sudah terlanjur stadium 4," jelasnya dalam edukasi media bersama Takeda, Kamis (26/9/2024). 

Namun, meski sudah di stadium 4, Intan menjalani penanganan dan pengobatan yang tepat. Sambil tetap aktif sekolah, kuliah, dan bekerja selama 7 tahun Intan akhirnya bisa mendapat remisi total, alias bebas kanker. 

Dr. dr. Andhika Rachman, pakar hematologi-onkologi, menjelaskan bahwa kondisi Limfoma Hodgkin di Indonesia masih kurang terdiagnosis dengan baik. Menurutnya, banyak pasien baru datang ke dokter setelah penyakit mereka sudah memburuk. 

"Tidak jarang, mereka juga mengalami salah diagnosis karena gejalanya yang tidak spesifik dan sering menyerupai penyakit lain," ujarnya. 

Adapun beberapa gejala yang kerap muncul berikut ini: 

• Munculnya benjolan di area kelenjar getah bening, umumnya di leher, ketiak, dan pangkal paha. 

• Demam lebih dari 38°C tanpa penyebab yang jelas

• Keringat berlebihan di malam hari

• Penurunan bobot badan lebih dari 10% dalam 6 bulan berturut-turut tanpa disertai diet dan penyakit lain. 

"Gejala itu kan mirip-mirip, yang sudah tahu dan mengalami gejala jangan jadi parno juga, karena tetap ada bedanya. Misalnya dari keringat malam, lalu demam hanya di sore atau malam hari. Apabila mengalami gejala itu, segera temui dokter untuk mendapatkan pemeriksaan yang menyeluruh," paparnya. 

Selain itu, Dr. Andhika juga mengingatkan bahwa satu yang membedakan tuberkulosis dengan limfoma adalah jika pengobatan TB tidak memberikan kesembuhan. 

"Pengobatan TB memang panjang, tapi biasanya satu bulan saja pasien sudah bisa terlihat lebih segar, terlihat sudah sembuh. Kalau satu bulan saja sudah tidak ada perubahan, atau malah makin parah, coba periksakan kembali," tegasnya. 

Pasalnya, sebenarnya Limfoma Hodgkin bisa sembuh jika segera terdiagnosis, karena semakin besar peluang untuk memulai pengobatan yang tepat, sehingga semakin tinggi pula angka kelangsungan hidup pasien.

Penulis : Mutiara Nabila
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro