Ilustrasi air putih/ayosehatkemenkes
Health

4 Cara Detoksifikasi dan Membersihkan Usus

Mia Chitra Dinisari
Jumat, 27 September 2024 - 15:22
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Anda mungkin terkejut mengetahui bahwa banyak penyakit dimulai dari usus yang lemah.

Menjaga kesehatan usus sangat penting untuk kesehatan secara umum, dan detoksifikasi dapat membantu proses ini.

Dilansir dari timesofindia, detoksifikasi membantu menghilangkan racun dari sistem pencernaan dan meningkatkan lingkungan internal yang lebih sehat.

Berikut lima cara terbaik untuk membersihkan usus Anda:

1. Cobalah puasa intermiten

Puasa intermiten memungkinkan usus Anda beristirahat dan memulihkan diri sebelum melanjutkan fungsinya.
 
Puasa intermiten memungkinkan sistem pencernaan beristirahat dan memulihkan diri. Istirahat dan perbaikan ini dapat meningkatkan cairan pencernaan di usus Anda, sehingga menghasilkan pencernaan yang lebih baik sepanjang hari. Ini membantu Anda melakukan detoksifikasi dan mungkin menurunkan berat badan.

2. Tingkatkan Asupan serat

Serat dalam makanan inilah yang menggerakkan residu yang tersangkut di usus Anda. Mengonsumsi makanan kaya serat membantu mendorong limbah melalui sistem pencernaan. Makanan kaya serat seperti buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian direkomendasikan. Usahakan untuk mengonsumsi salad sebanyak-banyaknya setiap kali makan dan makan buah-buahan musiman di siang hari untuk memenuhi asupan serat Anda.

3. Tetap terhidrasi

Minum banyak air sangat penting untuk mengeluarkan racun dari saluran pencernaan. Seseorang disarankan untuk minum minimal 2-3 liter air setiap hari untuk mengeluarkan racun dari usus Anda. Mulailah hari Anda dengan minum 2 gelas air hangat. Ini akan bermanfaat dalam detoksifikasi bakteri usus yang buruk. 

4. Makanlah makanan kaya probiotik

Dalam hal kesehatan usus, probiotik adalah teman terbaik Anda. Konsumsilah berbagai makanan probiotik dalam diet Anda untuk mendorong pertumbuhan bakteri baik di usus Anda. Memasukkan makanan seperti yogurt, acar, tahu, dan sayuran fermentasi ke dalam makanan akan menghasilkan probiotik, yaitu bakteri menguntungkan yang membantu menjaga keseimbangan usus.
Batasi makanan olahan dan gula

Jika Anda ingin usus bersih, Anda perlu membatasi makanan manis dan mengurangi konsumsi makanan penutup. Selain gula, makanan olahan juga dapat merusak kesehatan usus Anda. Selain itu, kelebihan gula yang kita konsumsi setiap hari dapat memberi makan bakteri berbahaya di usus. Katakan tidak pada apa pun yang dikemas, pertahankan makanan yang bersumber secara alami dan segar dalam diet Anda.

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro