Olahraga lari baik bagi kesehatan tubuh
Health

8 Olahraga Paling Banyak Bakar Kalori, Kecilkan Perut Buncit

Redaksi
Sabtu, 28 September 2024 - 16:39
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Olahraga bisa membuat tubuh sehat sehat bugar dan juga mengecilkana perut yang buncit, hingga menurunkan berat badan.

Ada beberapa alternatif latihan, seperti berlari, bersepeda, dan latihan yang memiliki intensitas tinggi. Dikutip dari Healthline bentuk latihan ini, dapat membakar lebih banyak kalori per jam dibandingkan dengan yang lain.

Namun jika kamu tidak nyaman dengan bentuk latihan seperti itu, selalu ada pilihan. Hal-hal yang perlu diperhatikan adalah unsur dalam latihan yang dapat memangkas kalori secara cepat yaitu :
- durasi latihan
- Kecepatan
- Intensitas
- berat badan dan tinggi badan kamu

Umumnya, semakin banyak berat badan kamu, semakin banyak kalori yang akan kamu bakar selama aktivitas fisik. Terdapat pilihan lain yang juga lebih pasti, hanya saja perlu merogoh kocek tertentu. Kegiatan tersebut tidak lain adalah berolahraga dengan instruktur pribadi, sebab mereka dapat menentukan pembakaran kalori kamu selama berolahraga.

kamu dapat melakukan latihan yang membakar banyak kalori meskipun kamu tidak punya banyak waktu. Kuncinya adalah fokus pada latihan intensitas tinggi yang dengan cepat meningkatkan detak jantung kamu.

Simak 8 jenis olahraga paling banyak bakar kalori dan mengecilkan perut buncit:

1. Lari Ditempat (Lutut Tinggi)

Lari lutut tinggi adalah latihan kardio yang meningkatkan detak jantung sekaligus memperkuat tubuh bagian bawah. Sebagai latihan intensitas tinggi aktivitas ini berguna untuk membakar kalori dengan cepat. Kalori yang terbakar dalam 1 menit = 3.5 sampai 7 kal.

Cara melakukan gerakan :
- Berlari di tempat sambil mengangkat lutut kamu setinggi mungkin.
- Pompa lengan kamu dengan cepat ke atas dan ke bawah.

2. Tendangan pantat

Tendangan pantat adalah latihan kardio, seperti lari lutut tinggi. kamu dapat dengan cepat membakar kalori dalam waktu 30 menit lewat gerakan tendangan pantat dengan intensitas tinggi. Kalori yang terbakar dari gerakan ini dalam 1 menit = 8 sampai 12 kal.

Cara melakukan gerakan :
- Angkat satu tumit ke arah pantat kamu.
- Ulangi dengan tumit lainnya.
- Ganti tumit kamu dengan cepat sambil memompa lengan kamu.

3. Mountain climbers

Ini adalah latihan kardio yang berfungsi gkamu sebagai latihan seluruh tubuh. Karena kamu menggunakan seluruh tubuh kamu, kamu membakar banyak kalori dalam waktu singkat. Kalori yang terbakar dalam gerakan ini selama 1 menit = 7 sampai 12 kal.

Cara melakukan gerakan ini:
- Mulailah dengan posisi telengkup (tidurkan perut kearah bawah), tahan badan kamu dengan kedua tangan seperti gerakan push up.
- Angkat lutut kanan kamu ke arah dada, dan kembalikan lagi ke posisi semula.
- Ulangi dengan lutut kiri kamu.
- Ulangi dengan cepat gerakan ini selama 15 menit.

4. Berenang

Berenang adalah latihan dengan dampak stress rendah ketubuh namun membakar energi sekaligus meningkatkan:

- kekuatan otot
- aliran darah
- kapasitas paru-paru dan jantung
- Tiga puluh menit berenang santai membakar jumlah kalori yang hampir sama dengan 30 menit jogging.

Latihan ini juga tepat untuk orang dengan nyeri sendi atau mobilitas terbatas. Lakukan putaran atau aerobik air untuk meningkatkan pembakaran kalori kamu selama berenang. Kalori yang terbakar dari kegiatan ini dalam 30 menit = 189 sampai 294 kal.

5. Sepeda Statis

Cobalah interval bersepeda intensitas tinggi jika kamu memiliki akses ke sepeda statis. Sebagai latihan kardio yang kuat, bersepeda stasioner dapat membakar sejumlah besar kalori dalam 30 menit. Kegiatan ini membakar kalori selama 1 menit = 210 sampai 311 kal.

6. Senam Aerobik

Jika kamu suka menari, kamu dapat membakar kalori dengan melakukan latihan menari berenergi tinggi di rumah. Menari adalah latihan kardio yang disamarkan sebagai kegiatan rekreasi. Ini adalah cara yang menyenangkan untuk meningkatkan detak jantung kamu dan membakar kalori. Cobalah latihan menari populer seperti Zumba atau Bokwa. Kegiatan ini membakar kalori dalam 1 menit = 6.6 sampai 9 kal.

7. Jumping Jack

Jumping jack adalah latihan kardio dasar yang meningkatkan detak jantung kamu. Ini juga menawarkan latihan seluruh tubuh yang luar biasa. kamu tidak perlu banyak ruang untuk melakukan jumping jack, jadi mudah dilakukan di rumah. Kalori yang terbakar dari gerakan ini selama 1 menit = 8 sampai 11.8 kal.

Cara melakukan gerakan ini:
- Berdirilah dengan kaki kamu menyatu. Letakkan lengan kamu di samping kamu.
- Lompat dengan kaki selebar bahu. Angkat lengan kamu di atas kepala.
- Ulangi seperlunya.
- Bergantung pada intensitasnya, jumping jack dapat menjadi bagian dari pemanasan, latihan intensitas tinggi, atau rutinitas umum kamu.

8. Skipping

Lompat tali meningkatkan detak jantung kamu dan membakar kalori sambil membangun kekuatan kaki bagian bawah. Selain itu, lompat tali mudah dan bisa dilakukan dimana saja. Mereka bagus untuk orang yang tidak memiliki banyak ruang di rumah. Gerakan ini membakar kalori selama 1 menit = 7.6 sampai 9.6 kal.

Selalu lakukan pemanasan dan pendinginan sebelum dan sesudah melakukan kardio. Ini akan menjaga tubuh kamu untuk terbiasa dengan gerakan-gerakan yang intens serta mengurangi resiko cidera. Selain itu, pendinginan juga merupakan bagian penting dari latihan kamu. Sebab mengarahkan detak jantung kamu memperlambat temponya, alih-alih berhenti dengan cepat, yang dapat menyebabkan perasaan sakit atau pingsan.

Itulah beberapa tips gerakan yang bisa kamu lakukan dan pastinya mudah juga untuk dilakukan. Jangan lupa bahwa kebiasaan konsumsi makanan juga sangat berpengaruh dengan pertumbuhan kalori, jadi atur cara makan kamu dengan bijak. (Enrich Samuel K.P)

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro