Buku nikah/kabupatenlampungtimur
Relationship

12 Tips untuk Mempersiapkan Pernikahan Impian Anda

Redaksi
Selasa, 1 Oktober 2024 - 08:42
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pernikahan adalah momen sakral tak terlupakan seumur hidup. Beberapa orang bahkan mempunyai bayangan pernikahan impian mereka sejak di usia yang sangat muda. 

Selain menjadi momen sakral bagi kedua mempelai, pesta pernikahan menjadi tempat dimana keluarga, teman-teman, dan kolega merayakan momen bahagia sang mempelai atas dimulainya perjalan hidup baru. 

“Pesta pernikahan Anda adalah awal dari hubungan perkawinan Anda,” kata Natasha Johnson, wedding celebrant, dikutip dari Engaged & Ready, Selasa (1/10/2024).

Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui hal-hal esensial yang harus mempelai persiapkan sebelum melangsungkan pernikahan. 

Merangkum dari Brides, berikut 12 tips mempersiapkan pernikahan impian Anda:

1. Pastikan Anda mempunyai waktu yang cukup

Punya jangka waktu yang panjang untuk mempersiapkan pernikahan adalah hal yang paling penting. Baiknya, sediakan waktu sekitar 1 tahun untuk menyusun acara pernikahan agar semuanya dapat tersusun dengan detail dan sesuai rencana. Dengan waktu yang banyak, Anda juga bisa booking lebih cepat segala keperluan Anda, mulai dari venue, dan keperluan lainnya agar tidak terdahulukan orang lain.

2. Tetapkan anggaran pernikahan

Anggaran pernikahan menjadi salah satu faktor yang banyak mempengaruhi keputusan Anda saat menyusun rancangan pernikahan. Pastikan untuk memeriksa keuangan Anda dengan saksama dan selalu bersiap bila terdapat perubahan dalam anggaran, seperti biaya tak terduga. Baiknya, siapkan 10% hingga 15% anggaran untuk biaya tak terduga tersebut.

3. Susun list prioritas pernikahan

Buatlah list detail pernikahan yang harus diprioritaskan. Ini akan membantu Anda fokus pada hal-hal yang benar-benar penting. Selain itu, dengan menyusun list prioritas, Anda akan lebih mudah untuk mengatur anggaran Anda. 

4. Tentukan model dan tema pernikahan yang Anda inginkan

Cari inspirasi model pernikahan yang paling Anda sukai. Untuk memudahkan Anda mencari inspirasi, Anda bisa mulai dengan membuat daftar hal-hal yang Anda suka dan tidak sukai. Hal ini nantinya juga akan berpengaruh terhadap list tamu yang akan Anda undang.

Apakah Anda ingin mengadakan pesta pernikahan yang lebih intim hanya dengan orang-orang terdekat, atau pesta pernikahan yang lebih megah dengan lebih banyak jumlah tamu undangan.

5. Selalu libatkan pasangan Anda

Komunikasi adalah kunci. Jangan merasa sendirian dalam proses menyusun acara pernikahan Anda. Berkomunikasilah dengan pasangan Anda selama proses ini berlangsung. Mulai dari masalah anggaran, model pesta pernikahan, dan detail-detail penting dalam pernikahan Anda.

6. Tentukan tanggal pernikahan yang tepat

Pilihlah beberapa tanggal ideal untuk pernikahan Anda dan cobalah untuk lebih fleksibel terkait masalah ini karena Anda perlu mempertimbangkan beberapa faktor eksternal, seperti tanggal di musim-musim pernikahan yang dapat membuat ketersediaan venue terbatas dan harga menjadi lebih tinggi. 

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro