Gitaris Queen Brian May terkena stroke
Health

Gitaris Queen Brian May Terkena Stroke Ringan, Kenali Tanda-Tandanya

Redaksi
Rabu, 2 Oktober 2024 - 08:29
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Gitaris legendaris band rock Queen, Brian May mengabarkan dirinya mengalami stroke ringan pada tangan kirinya.

Melansir dari akun Instagram pribadi May, gitaris band rock tersebut mengabarkan terkait kondisi tangan kirinya yang tiba-tiba sulit digerakkan.

"Kabar baiknya saya sudah bisa bermain gitar lagi setelah kejadian beberapa hari terakhir. Waktu itu secara tiba-tiba saya tidak bisa mengontrol tangan saya," ucap May, dikutip Rabu, (2/10/2024)

Ini menjadi salah satu tanda bahwa gejala stroke tidak dapat diprediksi dan harus diwaspadai.

Dilansir dari Healthline.com, ini yang perlu Anda ketahui dari penyakit stroke ringan:

1. Stroke adalah penyakit dimana area otak tidak menerima aliran darah sehingga dapat mengakibatkan kerusakan pada jaringan otak. Stroke ringan adalah sebutan non-ilmiah yang digunakan dokter untuk mengukur tingkat keparahan stroke secara umum.

2. Beberapa gejala utama stroke dikenali dengan masalah pada wajah, lengan, bicara, dan waktu.
- Wajah: Tanda-tanda stroke yang terjadi pada wajah adalah sebagian wajah tampak kendur atau mati rasa dan penderita mungkin tidak dapat tersenyum atau mungkin memiliki senyum yang tidak rata.

- Lengan: Gejala stroke pada lengan dirasakan ketika lengan tiba-tiba terasa lemah, mati rasa, atau kurang koordinasi. Penderita dalam hal ini mungkin tidak dapat mengangkat lengannya.

- Bicara: Stroke mempengaruhi cara bicara seseorang. Penderita akan mengalami kesulitan berbicara atau bicaranya tidak jelas.

- Waktu: Stroke adalah keadaan darurat medis. Jika salah satu dari gejala sebelumnya muncul, segera hubungi dokter atau pergi ke rumah sakit terdekat.

3. Gejala lain yang memungkinkan terjadinya stroke adalah kebingungan, kesulitan berjalan, sakit kepala, mati rasa, dan kesulitan untuk melihat.

4. Penderita harus berhati-hati karena stroke tidak menunjukkan rasa sakit. Saat terserang penyakit stroke, otak tidak memiliki sensasi apapun, hanya berhenti berfungsi. Oleh sebab itu tidak ada rasa sakit yang dirasakan.

5. Gaya hidup dan faktor kesehatan pasien menjadi kunci utama dalam pemulihan. Mulai dari mengubah gaya hidup, mengubah pola makan, rajin berolahraga, dan berhenti merokok dapat membantu pemulihan dari penyakit stroke. (Jesslyn Samantha Rumiris Lumbantobing)

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro