Seorang perempuan sedang stres/Health
Health

Studi Ungkap WFH Bisa Sebabkan Masalah Kesehatan Mental, Ini Penjelasannya

Mia Chitra Dinisari
Minggu, 13 Oktober 2024 - 16:05
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pandemi telah menciptakan pola kerja work from home (WFH) dan hybrid yang saat ini banyak diaplikasikan.

Model yang menggabungkan bekerja dari kantor dan rumah itu dinilai memiliki banyak keuntungan karena memfasilitasi keseimbangan kehidupan kerja dan pribadi.

Namun, dalam jangka panjang, ditemukan bahwa pekerjaan jarak jauh mulai kehilangan daya tarik awalnya dan pada akhirnya membuat Anda kelelahan karena berkurangnya interaksi sosial dan kaburnya batasan antara ruang pribadi dan ruang kerja.
 
Pekerjaan jarak jauh mungkin tampak nyaman dan bermanfaat pada awalnya, namun meninggalkan konsekuensi jangka panjang.

Dilansir dari timesofindia, menurut penelitian yang dipublikasikan di American Psychological Association, ditemukan bahwa kerja jarak jauh dapat berdampak buruk terhadap kesehatan mental karyawan.

Berikut dampak buruk kerja jarak jauh terhadap kesehatan mental

1. Keseimbangan kehidupan kerja yang tidak sehat

Pekerjaan jarak jauh dapat berdampak signifikan pada kesehatan mental Anda; Keseimbangan kehidupan kerja yang tidak sehat dapat menyebabkan stres dan ketegangan. Anda selalu sibuk dan sibuk bekerja,  sulit meluangkan waktu untuk diri sendiri.

Akan ada saatnya Anda makan dan tidur di depan komputer. Pekerja jarak jauh sering kali merasa sulit untuk mempertahankan batasan kehidupan kerja.

2. Interaksi sosial yang rendah

Pekerja jarak jauh memiliki interaksi sosial yang rendah. Rendahnya interaksi sosial dapat berdampak signifikan terhadap kesehatan mental seseorang. Kurangnya interaksi tatap muka dengan rekan kerja dapat menyebabkan kesepian dan rasa tidak aman serta mungkin membuat mereka merasa terputus.

3. Burn out

Anda mungkin berpikir bahwa bekerja jarak jauh lebih baik dan Anda dapat menemukan waktu untuk diri sendiri, menghemat waktu perjalanan, dan menghabiskan waktu bersama keluarga.

Namun bekerja dari rumah tidak mengurangi beban kerja dan justru membutuhkan lebih banyak pertemuan virtual untuk berkoordinasi. Istirahat minum teh kecil dan percakapan ringan dengan rekan kerja Anda juga hilang. Hal ini dapat menyebabkan kerja berlebihan dan kelelahan. Hal ini dapat mengurangi  motivasi dan seseorang mungkin merasa sulit untuk memenuhi tenggat waktu.

4. Kurangnya motivasi

Saat Anda bekerja dari rumah, perhatian Anda mudah terganggu dan kurang motivasi untuk menyelesaikan tugas. Hal ini dapat meningkatkan beban kerja dan stres Anda karena tidak menyelesaikan tugas tepat waktu dan memenuhi harapan kerja.

5. Sulit memutuskan waktu jam kerja

Saat Anda bekerja dari rumah, Anda menghabiskan seluruh waktu di tempat yang sama, seperti kamar tidur atau ruang tamu.

Setelah Anda menyelesaikan pekerjaan, mungkin sulit untuk bersantai di ruangan tempat Anda menghabiskan sepanjang hari bekerja.

Berada di lingkungan yang sama membuat kita sulit berhenti memikirkan pekerjaan, sehingga berujung pada meningkatnya stres setelah jam kerja. Hal ini bisa membuat Anda merasa jengkel atau jengkel.

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro