Ilustrasi sikat gigi
Health

Ini yang Terjadi Pada Tubuh Jika Anda Tidak Sikat Gigi Selama Sebulan

Mia Chitra Dinisari
Rabu, 16 Oktober 2024 - 11:39
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Jika Anda orang yang malas sikat gigi, waspadalah. Karena ini bisa berdampak buruk pada kesehatan bahkan memicu penyakit mematikan.

Mulut adalah rumah bagi jutaan bakteri, dan tanpa menyikat gigi secara teratur, bakteri ini dapat berkembang biak, menyebabkan sejumlah masalah selain bau mulut atau gigi bernoda.

Dilansir dari Indianexpress, Dr Niyati Arora, seorang prostodontis di Klinik Gigi Krown Hub, Pitampura, mengatakan perubahan pertama jika Anda berhenti menyikat gigi adalah pengendapan plak lunak pada gigi.

Plak ini penuh dengan bakteri dan mengiritasi gusi, menyebabkan peradangan, dan gusi yang meradang ini sangat mudah berdarah jika disentuh atau disikat ringan.

Menurut buku teks, katanya, plak gigi berpotensi memicu dekalsifikasi dentin  lapisan pelindung di bawah email dalam waktu 48 jam. Jadi, ini adalah jendela kecil sebelum plak dapat merusak gigi Anda secara permanen.

Melemahnya email gigi dalam bentuk demineralisasi dapat dimulai dalam waktu seminggu. Penumpukan plak kemudian dapat menyebabkan mulut berbau tidak sedap atau halitosis.

Dr Arora mengatakan mengabaikan kebersihan mulut tidak hanya menyebabkan kesehatan gigi yang buruk tetapi juga dapat mempengaruhi sistem organ lainnya.

Berikut dampak buruk jika Anda tidak menyikat gigi dalam sebulan

1. Masalah jantung

Hubungan paling umum antara kesehatan mulut yang buruk dan penyakit jantung adalah peradangan gusi, yang melepaskan racun. Racun ini mengalir melalui aliran darah untuk mencapai jantung, yang dapat menyebabkan endokarditis, penyumbatan arteri, dan stroke.

2. Diabetes

Peradangan pada gusi melemahkan kemampuan tubuh untuk menggunakan insulin secara efektif untuk memecah gula kompleks dan mengontrol kadar gula darah. Hal ini dapat mengakibatkan kadar gula darah tinggi, yang pada gilirannya menyediakan lingkungan yang menguntungkan bagi pertumbuhan bakteri, sehingga menciptakan lingkaran setan. Siklus ini dapat diputus dengan menjaga kebersihan mulut.

3. Infeksi pernafasan

Jika terhirup, bakteri mulut dapat berkontribusi terhadap timbulnya atau bertindak sebagai faktor yang memperparah banyak penyakit pernafasan.

4. Komplikasi kehamilan

Kesehatan gigi yang buruk sangat terkait dengan kelahiran prematur dan berat badan bayi lahir rendah.

Tidak menyikat gigi secara teratur dapat menimbulkan risiko serius dalam jangka panjang. Gingivitis, tahap awal penyakit gusi, selanjutnya dapat berkembang menjadi periodontitis, menyebabkan gusi menyusut dan akar gigi terbuka.

Hal ini dapat mengakibatkan pengeroposan tulang yang signifikan, menyebabkan gigi menjadi kendur dan bahkan tanggal karena struktur pendukung gigi Anda memburuk. Periodontitis kronis telah dikaitkan dengan masalah kesehatan sistemik seperti masalah yang berhubungan dengan jantung, diabetes, rheumatoid arthritis, dan komplikasi selama kehamilan.

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro