Gejala demensia sering dialami oleh lansia./AgingCare
Health

Tips Sehat agar Bisa Produktif di Usia 60 Tahun

Redaksi
Sabtu, 19 Oktober 2024 - 13:24
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Memasuki usia 60 tahun, tubuh manusia mulai mengalami penuaan sehingga menyebabkan banyak orang tidak dapat produktif di usia tua.

Menjaga kesehatan di usia tua sangatlah penting karena tubuh menjadi lebih rentan terkena berbagai penyakit, seperti diabetes, osteoporosis, jantung, hingga alzheimer. 

Menjalani hidup sehat di usia tua juga berarti tidak hanya berfokus untuk menjaga kesehatan fisik, tetapi juga kesehatan emosional. Hal ini dikarenakan masalah kesehatan emosional menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi produktivitas orang-orang di usia tua.

Simak tips sehat pada usia 60 tahun:

1. Makan makanan yang lebih sehat

Menjaga pola makan yang sehat seiring bertambahnya usia sangatlah penting. Hal ini karena sistem pencernaan melambat seiring bertambahnya usia, jadi penting bagi lansia untuk mengonsumsi vitamin dan makanan yang berserat tinggi, seperti buah-buahan, sayur-sayuran, dan biji-bijian.

Mengatur pola makan menjadi lebih sehat juga baik untuk masalah kesehatan utama seperti jantung dan stroke. Selain itu, tubuh harus tetap terhidrasi agar tetap berenergi dan terhindar dari berbagai penyakit pencernaan seperti sembelit dan infeksi saluran kemih.

2. Atur pola tidur yang sehat

Dilansir dari aplaceformom.com, saat usia semakin tua, gejala insomnia dan terbangun di tengah malam semakin sering terjadi. Dalam hal ini para manula bisa menyelaraskan jam tidur agar dapat bangun dan tidur di waktu yang tepat.

Selain itu, hindari minuman yang mengandung alkohol dan kafein di malam hari agar tubuh bisa tidur lebih cepat. Terakhir, pastikan kamar tidur selalu bersih dan sejuk agar bisa tidur dengan lebih nyaman dan tenang.

3. Lakukan aktivitas yang menstimulasi otak

Saat usia semakin tua, otak perlu distimulasi agar tetap aktif. Dengan melakukan aktivitas yang mengasah otak, lansia bisa tetap lincah dan mampu melakukan perubahan dan pertumbuhan fisik.

Dilansir dari verywellhealth.com, beberapa aktivitas yang dapat dilakukan untuk merangsang otak adalah seperti menekuni hobi, membaca buku baru, mendengarkan musik, mengambil kursus-kursus yang menarik, bermain permainan papan atau kartu, mempelajari bahasa baru, dan terlibat dalam perbincangan yang bermakna. 

4. Berolahraga atau aktif secara fisik

Olahraga selalu memegang peran penting dalam kesehatan tubuh manusia. Pada lansia, olahraga dapat membantu menjaga berat badan yang sehat dan mengurangi risiko masalah kesehatan kronis.

Olahraga bisa dilakukan dengan melakukan aktivitas aerobik dengan intensitas sedang setidaknya 150 menit setiap minggunya. Selain untuk kesehatan fisik, olahraga juga dapat membantu para lansia untuk meredakan depresi, meningkatkan energi, meningkatkan daya ingat, dan memperbaiki kualitas tidur. 

5. Menjaga kesehatan mulut

Menjaga kesehatan mulut menjadi salah satu hal yang penting dalam menjaga kesehatan di usia tua. Hal ini dikarenakan risiko gigi berlubang yang terus meningkat seiring bertambahnya usia dan banyaknya infeksi dalam mulut dapat menyebabkan masalah kesehatan serius, seperti diabetes, jantung, dan stroke.

Pada usia tua, para lansia harus lebih rutin mengunjungi dokter gigi untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi. 

6. Berhenti merokok

Memasuki usia tua yang rentan terkena berbagai penyakit, sebaiknya orang-orang lanjut usia harus mempertimbangkan untuk berhenti merokok. Merokok dapat memicu berbagai penyakit serius seperti kanker, jantung, dan hati.

Merokok dapat menyebabkan kerusakan paru-paru dan berbagai masalah saluran pernapasan lainnya, seperti ISPA, pneumonia, tuberkulosis, dan penyakit paru obstruktif kronis yang menyebabkan kesulitan bernapas.

7. Melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin

Rutin melakukan pemeriksaan kesehatan dapat membantu lansia terhindar dari penyakit. Pemeriksaan ini mencakup tes penglihatan, pemeriksaan jantung, kanker kolorektal, paru-paru, dan lain-lain.

Pemeriksaan-pemeriksaan di atas dapat membantu mendeteksi penyakit sejak dini dan memantau perkembangan masalah kesehatan secara berkala. 

Itulah 7 tips kesehatan yang dapat dilakukan di usia 60 tahun agar dapat beraktivitas lebih produktif dalam kehidupan sehari-hari. (Jesslyn Samantha Rumiris Lumbantobing)

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro