Daging segar/Bisnis.com/Leo Dwi Jatmiko
Fashion

Tips Memilih Daging Segar

Leo Dwi Jatmiko
Sabtu, 13 Desember 2014 - 10:23
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA-- Cepatnya laju pertumbuhan ekonomi Indonesia membuat sejumlah barang pokok naik drastis. Para pedagang memutar otaknya untuk menjual barang dengan harga murah dan  berkualitas.

Jika kita ke pasar, kita akan menemukan berbagai daging siap olah dengan penanganan dan kualitas beragam. Oleh karena itu, perlu mengetahui cara memilih daging berkualitas baik di pasar tradisional dan supermarket.

Dalam sebuah acara launching gerai ke-3 Seven to 7 di kawasan Puri Indah Mal, Jakarta Barat, Jumat (12/12/2014) chef Billy Kalangi memberi ips cara memilih daging segar yang dijual di pasar ataupun di supermarket. Berikut  tips tersebut :

1.Warna

Cara pertama yang dapat dilakukan untuk memeriksa kesegaran daging adalah dengan melihat warnanya. Daging yang masih segar cenderung berwarna merah darah.

“Ciri-ciri daging segar yang pertama adalah warnanya merah darah. Jika hendak memilih daging yang segar, saya anjurkan untuk mencari yang berwarna merah darah.Kalau warnanya rada pucat, daging itu perlu ducurigai,” kata Billy.

Meskipun begitu, dia juga mengakui tidak jarang sekarang para pedagang curang memberi pewarna pada daging. Menanggapi fenomena tersebut, Billy mengajurkan para konsumen membeli daging di supermarket. Karena daging yang ada telah melewati beberapa proses penyaringan daging segar.

2.Struktur Padat

Setelah itu, menurut Billy, daging yang baik adalah daging yang bila kita ditusuk-tusuk dengan jari, pembuluh darah dan serat pada daging tersebut tidak terpecah.

“Berikutnya jika diraba dan ditusuk-tusuk dengan telunjuk kita maka serat dagingnya tidak terpecah, persis seperti  kalaukita menusuk daging ayam.”

3.Aroma

Ciumlah daging yang Anda ingin beli. Ini adalah cara berikutnya yang dapat membantu Anda dalam menemukan daging segar.Billy menjelaskan daging yang baikmemiliki aroma yang segar, dan terkadang sedikit berbau darah. Jika suatu hari Anda menemukan daging berbau amis menyengat, disarankan untuk tidak membeli daging tersebut.

“Aromanya masih segar bau daging. Kadang-kadang di pasar banyak yang jual daging, tapi aroma amisnya menyengat, sebaiknya itu tidak dibeli karena kondisinya sudah tidak baik.” (Bisnis.com)

BACA JUGA:

Berikut Faktor yang Memengaruhi Kelezatan Daging Steak

Seven to 7 Berbagi Pengalaman dan Ilmu Steak ke Pelanggan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Editor : Nancy Junita
Sumber : Bisnis.com
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro