Ilustrasi kanker/bodybusiness.com
Health

Apa Anda Mengalami Gejala Tubuh Seperti Ini? Waspadai Munculnya Kanker

Mia Chitra Dinisari
Selasa, 24 Maret 2015 - 14:26
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Tubuh akan selalu memberikan sinyal jika terjadi hal yang salah di dalamnya. Baik itu hanya sekedar kelelahan atau penyakit berat lainnya.

Termasuk juga jika dalam tubuh Anda tumbuh sel kanker yang bisa menggerogoti tubuh Anda. Para ahli memperingatkan bahwa jika Anda melihat adanya perubahan besar dalam fungsi tubuh Anda atau merasakan hal yang salah dalam tubuh, maka Anda harus ke dokter, terutama jika perubahan menetap atau memburuk.

Walaupun sinyal tesebut mungkin bukan kanker, tetapi setiap perubahan besar dalam tubuh Anda adalah penting diperhatikan. Berikut beberapa tanda yang mungkin saja Anda mengalami kanker.

Penurunan berat badan yang drastis
Jika Anda kehilangan berat badan karena Anda sedang berdiet atau berolahraga, itu baik-baik saja. Tetapi jika Anda menemukan diri Anda kehilangan berat badan dengan tidak ada perubahan dalam gaya hidup Anda, ini adalah penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan dan dapat dikaitkan dengan beberapa kanker termasuk pankreas dan perut.

Sakit Demam
Demam persisten mungkin merupakan tanda awal dari kanker darah seperti limfoma atau leukemia. Jika Anda mengalami demam, Anda harus ke dokter. Bahkan jika itu bukan kanker, maka harus ditangani secara serius.

Nyeri

Meskipun nyeri dapat memiliki banyak penyebab, sakit kepala terus-menerus bisa menjadi tanda awal kanker otak dan sakit punggung bisa menjadi tanda kanker rektum atau ovarium. Jika Anda mulai mengalami rasa sakit terus-menerus, saatnya konsultasi dengan dokter Anda.

Batuk

Jika Anda mengalami batuk yang tidak berhenti, itu bisa menjadi tanda kanker paru-paru atau laring. Hal ini bisa saja Anda mengalami alergi, namun sebaiknya Anda melakukan tes untuk memastikannya.

Benjolan di tubuh
Jika Anda menemukan benjolan di kulit Anda, pergi melihat dermat a. Berhati-hatilah dari benjolan di payudara, testis, atau dekat kelenjar getah bening. Jangan panik jika Anda menemukan benjolan di lengan, kaki, atau bagian lain dari tubuh sekalipun. Mereka mungkin saja kista sebaceous tidak berbahaya.

Perdarahan yang tidak biasa
Perdarahan abnormal adalah salah satu dari banyak tanda-tanda kanker. Batuk darah dapat berarti kanker paru-paru, darah dalam tinja bisa berarti usus besar atau kanker rektum, darah dalam urin dapat berarti kanker kandung kemih, perdarahan vagina persisten dapat menunjukkan kanker serviks, dan keluarnya darah dari puting susu dapat berarti kanker payudara.

Perubahan fungsi kandung kemih
Jika Anda mengalami rasa sakit saat buang air kecil, darah dalam urin Anda, atau perubahan lain, seperti perlu untuk pergi lebih atau kurang sering, ini bisa menjadi gejala kandung kemih atau kanker prostat. Selain itu, jika Anda mengamati perubahan jangka panjang dalam fungsi usus Anda, seperti diare persisten atau sembelit, mungkin merupakan gejala kanker usus besar. Penangkapan itu diawali dengan kolonoskopi bisa menyelamatkan hidup Anda.

Luka yang tidak pernah sembuh
Jika Anda memiliki sakit terus-menerus atau luka yang tampaknya tidak menyembuhkan, Anda harus membuat mereka diperiksa oleh dokter segera. Luka di dalam mulut bisa menjadi tanda-tanda kanker mulut.

Perubahan pada kulit Anda
Jika Anda melihat adanya perubahan pada kutil atau tahi lalat di tubuh Anda, atau perubahan lain pada kulit Anda, ini bisa menjadi tanda melanoma, juga dikenal sebagai kanker kulit. Lihat dokter kulit segera. Hal ini dapat diobati dengan mudah jika itu terdeteksi dini.

Kelelahan
Kelelahan konstan yang tidak mendapatkan yang lebih baik dengan istirahat dapat menjadi tanda kanker. Ini adalah salah satu yang rumit karena banyak orang merasa kelelahan untuk alasan yang sama sekali berbeda. Tapi jika Anda mulai merasa lelah sepanjang waktu Anda harus mendapatkan diri Anda diperiksa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : times of India
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro