Ilustrasi/Makeupandbeauty
Health

Ini Pola Makan yang Sehat Agar Awet Muda

Ramdha Mawaddha
Sabtu, 21 Januari 2017 - 00:32
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Moderator debat pemilihan gubernur DKI Jakarta 2017 putaran pertama, Ira Koesno belakangan menjadi buah bibir di dunia maya lantaran penampilannya yang tetap bugar dan awet muda sekalipun usianya hampir memasuki 47 tahun.

Beragam pendapat pun muncul mengenai performa Ira yang tetap cantik dan bugar. Mulai dari pola hidup sehat yang dijalaninya hingga jenis kosmetik yang dikenakannya pada malam itu.

Perawatan wajah memang menjadi salah satu yang dapat menunjang penampilan. Tapi bagi Jansen hal tersebut tidak wajib untuk dilakukan. “Paling penting adalah menerapkan gaya hidup sehat yang mencakup tiga kunci penting yakni pola makan sehat, olahraga secara teratur dan istirahat yang cukup,” jelasnya.

Dalam hal pola makan, menerut Jansen bukan hanya persoalan kuantitas makanan yang dikonsumsi, melainkan juga kualitas makanan. Dia menganjurkan untuk meningkatkan konsumsi buah dan sayur, minimal 3--5 porsi dalam sehari. Selain itu mengonsumsi sayur dan buah yang berwarna-warni.

“Dengan mengonsumsi makanan yang berwarna-warni, semakin banyak vitamin dan mineral yang diperoleh. Bukan hanya itu saja, kandungan fitonutrisi juga semakin banyak yang diperoleh tubuh. Hal ini dikarenakan setiap warna pada buah dan sayur memiliki kandungan yang berbeda-beda. Dengan mengonsumsi makanan yang beragam, proses regenerasi kulit akan lebih optimal,” jelas Jansen.

Menurut Jansen, pola makan baik dan sehat sangat penting untuk regenerasi kulit dengan memenuhi kebutuhan gizi esensial yang dibutuhkan tubuh. Seperti kebutuhan vitamin dan mineral yang penting dalam proses regenerasi regenerasi kulit.

Diantaranya konsumsi sayuran dan buah-buahan yang berwarna merah, orange atau hijau yang kaya vitamin A yang sangat bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Karena jika tubuh kekurangan vitamin A dapat menyebabkan kulit menjadi kering, mudah keriput, kulit kasar atau mudah bersisik, serta menimbukan jerawat.

Oleh karena itu, kebutuhan vitamin A harus terpenuhi dengan mengonsumsi buah berwarna merah hingga orange seperti tomat, pepaya, mangga, stroberi. Bisa juga diperoleh dari sayuran berwarna hijau dan orange seperti bayam, brokoli, asparagus dan wortel.

“Selain kebutuhan vitamin A, konsumsi makanan sumber vitamin C juga dibutuhkan. Buah-buahan merupakan salah satu sumber vitamin C yang bermanfaat untuk mempertahankan elastisitas kulit sehingga agar tidak kering, kulit tidak mudah keriput. Vitamin C juga dapat menjaga kekuatan rambut agar tidak mudah patah dan kusam. Buah-buahan yang dapat dikonsumsi yaitu jeruk, pepaya, tomat, semangka, apel dan pisang,” jelas Jansen.

Kebutuhan akan vitamin E dan vitamin B menurut Jansen juga harus diperhatikan. Karena vitamin E dapat bermanfaat melindungi tubuh dari serangan radikal bebas yang berasal dari asap, polusi dan sinar matahari. Selain itu, vitamin E juga bermanfaat untuk untuk mencegah kulit menjadi kusam, rambut rontok dan berketombe, serta memperlambat penuaan dini.

“Vitamin B berfungsi untuk merawat kecantikan kulit agar tetap terlihat bersih serta bercahaya. Vitamin B ini penting bagi kesehatan kulit, rambut, serta mata. Apabila konsumsi Vitamin B cukup, maka bisa membuat Anda tampak awet muda,” jelas Jansen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro