Sel kanker/Istimewa
Health

Pakar Pastikan Biopsi Tidak Bikin Sel Kanker Menyebar

Newswire
Kamis, 29 November 2018 - 09:45
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Dokter spesialis paru dari RSPAD Gatot Soebroto Brigjen TNI dr Alex Ginting S, SpP(K) meminta masyarakat agar tidak khawatir akan efek samping dari tindakan biopsi yang bertujuan untuk mendiagnosis kanker.

Menurut dia, ada ketakutan di tengah masyarakat yang memiliki persepsi bahwa tindakan biopsi dianggap bisa membuat sel kanker menyebar dan semakin ganas. Padahal, kataAlex, biopsi bukan penyebab terjadinya metastasis atau penyebaran kanker dari suatu organ tubuh ke organ tubuh lain.

"Biopsi itu jadi momok akhirnya orang takut untuk biopsi. Padahal biopsi itu bukan penyebab terjadinya metastasis. Metastasis itu terjadi secara alami karena mutasi genetik," katanya dalam konferensi pers bertajuk Bulan Peduli Kanker Paru, di Jakarta, Rabu (28/11/2018).

Biopsi adalah pengambilan jaringan tubuh yang terkena penyakit untuk tujuan pemeriksaan laboratorium, yang dapat menentukan jenis tumor agar dapat diketahui bersifat jinak atau ganas.

"Biopsi itu hanya untuk mengambil sampel yang sangat kecil untuk mengetahui apa jenisnya (kanker), bagaimana selnya dan molekulernya sehingga dapat ditentukan terapi pengobatannya," katanya.

Dijelaskan, bahwa tantangan klinis di dalam penanganan kanker paru di Indonesia adalah dalam melakukan diagnosis dan pengobatannya.

"Saat ini pengobatan standar yang mendasar untuk kanker paru merupakan 'combined modality' yang meliputi pembedahan atau surgery, kemoterapi, radiasi dan unsur lainnya, yaitu terapi target, immunoterapi dan cryosurgery," ujar Alex.

Menurut dia, akses pasien terhadap diagnosa dan pengobatan yang cocok untuk kanker paru sesuai jenis yang dideritanya merupakan kunci sukses untuk penanganan kanker paru yang efektif.

"Misalnya Anti ALK generasi kedua seperti Alectinib, yang telah teruji secara klinis menekan pemburukan penyakit lebih dari 34 bulan dibandingkan pengobatan standar Anti ALK generasi pertama yang hanya menekan pemburukan penyakit selama 10,9 bulan. Selain itu imunoterapi Anti PDL-1 juga dapat memperpanjang harapan hidup pada kanker paru jenis karsinoma bukan sel kecil lini kedua, dua kali lipat dibandingkan kemoterapi standar saat ini," jelasnya.

Kanker paru adalah sebuah penyakit ganas pada jaringan paru-paru. Keganasan tersebut dapat berasal dari paru-paru itu sendiri maupun akibat metastasis dari organ tubuh lain.

Orang yang menderita kanker paru tahap awal, tidak menampakkan gejala apapun. Gejala hanya akan muncul ketika perkembangan kanker telah mencapai suatu tahap tertentu.

Gejala tersebut meliputi batuk yang berkelanjutan hingga akhirnya mengalami batuk darah, mengalami sesak nafas dan nyeri di dada, kelelahan tanpa sebab yang jelas, pembengkakan pada muka atau leher dan sakit kepala.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro