Travel

Prospek PARIWISATA 2013: Indonesia Masih Andalkan Turis Asia

Administrator
Selasa, 1 Januari 2013 - 12:41
Bagikan

PASADENA: Indonesia mengandalkan peningkatan kunjungan wisatawan mancanegara asal Asia untuk mendorong pertumbuhan pariwisata sekitar 10%.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu, di sela-sela penjurian turnamen bunga di Pasadena, California, Amerika Serikat, Senin (31/12) optimistis kunjungan wisman masih tumbuh pada 2013, meskipun perlambatan ekonomi di kawasan Uni Eropa dan AS masih terjadi.

"Kami masih optimistis. Kami lihat sektor pariwisata cukup bertahan dalam keadaan krisis," ujarnya.

Mari mencontohkan pada 2012 meskipun kawasan Uni Eropa masih dilanda krisis utang dan ekonomi AS masih lambat, sektor pariwisata dan kunjungan turis mancanegara (wisman) masih tumbuh 5%.

"Pertumbuhan pariwisata Indonesia itu masih di atas pertumbuhan pariwisata global yang hanya 3%-4%," katanya. 

Kemenparekraf menargetkan pada 2012 Indonesia dikunjungi sekitar 8 juta wisman. Oleh karena itu, Mari masih optimistis jumlah kunjungan masih tumbuh pada 2013, karena pertumbuhan ekonomi dunia diperkirakan membaik. 

Apalagi, kata dia, negara-negara di kawasan Asia tidak terkena dampak parah dari krisis utang di kawasan Uni Eropa. "Kami mengandalkan kunjungan dari kawasan sekitar Asia. Pada keadaan krisis, orang jalan-jalan ke tempat yang jaraknya lebih dekat," katanya.

Mari berharap kedatangan wisatawan dari Asia bisa menutup kekurangan kunjungan wisatawan asal Uni Eropa yang masih mengalami krisis. (Antara/bas)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Administrator
Editor : Others
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro