Tips solo traveling untuk pemula ke Singapura dan Jepang./Freepik
Travel

7 Tips Solo Traveling ke Jepang dan Singapura, Baca Ini sebelum Check Out Tiket Pesawat

Hesti Puji Lestari
Selasa, 5 Maret 2024 - 15:14
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Simak 7 tips solo traveling ke Jepang dan Singapura berikut ini buat Anda yang berencana mendatangi dua negara paling populer di Asia tersebut.

Sering dianggap sebagai Pintu Gerbang ke Asia, Singapura bukan sekadar negara komersial, namun negara paling maju yang menarik wisatawan dari seluruh penjuru dunia. 

Baik ketika Anda melakukan solo traveling atau bersama sekelompok turis, Singapura mengundang semua jenis wisatawan ke negaranya. Bukan hanya Singapura, Jepang pun demikian.

Anda bisa menikmati suasana yang sangat berbeda dengan Asia Tenggara jika sudah menginjakkan kaki di negara berjuluk Matahari Terbit tersebut. Namun ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum memutuskan untuk solo traveling ke Singapura atau Jepang.

Anda bisa membaca beberapa panduan dan tips solo traveling yang sudah dirangkum Bisnis berikut ini untuk meminimalisir kesalahan dan kekeliruan saat berkunjung ke dua negara tersebut.

Tips Solo Traveling ke Singapura dan Jepang

1. Buat Itinerary Secara Lengkap

Sebelum melakukan solo traveling, baiknya Anda melmbuat Itinerary. Itinerary adalah daftar atau rencana perjalanan yang berisi rincian tentang tempat tujuan, waktu, dan aktivitas yang akan dilakukan selama traveling.

Untuk bisa memaksimalkan wisata Anda ke Singapura dan Jepang, Anda perlu menyusun rencana perjalanan ini sedetail mungkin, termasuk biaya yang perlu dikeluarkan.

Beberapa tempat dan makanan di Singapura yang layak masuk itinerary:

  • Pecinan Singapura
  • Little India
  • Kuil dan Gereja
  • Pulau Sentosa
  • Merlion Park
  • Laksa Singapura
  • Ice Kachang
  • Kari Kepala Ikan
  • Hokkien Prawn Mee.

Tempat di Jepang yang layak masuk itinerary:

  • Shibuya Crossing (Tokyo)
  • Mount Fuji (Shizuoka/Yamanashi)
  • Kuil Senso-ji (Tokyo)
  • Fushimi Inari Taisha (Kyoto)
  • Dotonbori (Osaka)

2. Pikirkan Internet

Internet menjadi salah satu hal yang harus masuk ke dalam prioritas rencana solo traveling Anda. Karena Anda akan melakukan solo traveling yang mana Anda akan sangat membutuhkan internet dan teknologi.

Ada dua opsi yang bisa Anda pilih untuk mengatasi masalah internet ini. Pertama adalah dengan membeli nomor dan paket internet yang biasanya dijual di bandara negara tujuan atau Anda juga bisa membelinya di Indonesia dengan paket tertentu.

3. Pelajari Sistem Transportasi Umum di Negara Tersebut

Ada berbagai pilihan transportasi umum di Jepang dan Singapura. Jika Anda ingin menghindari kebingungan saat memikirkan bepergian dari satu kota ke kota lain, maka pastikan Anda memiliki gambaran yang adil tentang sistem perjalanan, jarak, ETA, dll.

Ini tidak hanya akan menghemat waktu Anda tetapi juga menghemat uang dan terhindar akan mengeluarkan uang ekstra untuk ongkos.

4. Persiapkan Uang Tunai Sebaik Mungkin

Saat ini ada banyak tempat yang siap menerima kartu kredit yang diakui secara internasional tetapi ketika berada di Jepang, Anda harus berhati-hati agar selalu membawa uang tunai yang cukup.

Hal ini karena Jepang pada dasarnya berbasis uang tunai. ATM tidak menerima kartu internasional dan oleh karena itu Anda harus membawa jumlah yang layak sebelum mendarat di sini.

Hal ini juga berlaku jika Anda hendak melakukan perjalanan solo traveling ke Singapura.

5. Saat Solo Traveling, Jangan Jadi Introvert

Memulai percakapan dengan orang asing bisa menjadi sebuah tantangan, terutama jika Anda seorang introvert. Namun, percakapan ini bisa mengubah perjalanan, bahkan mengubah hidup Anda setelah melaluka solo traveling.

Ada banyak keterampilan yang dapat dikembangkan ketika Anda mulai mau bersosialisasi dengan orang baru selama melakukan traveling baik ke Singapura atau Jepang.

6. Jangan Jadi Turis, Tapi Jadilah Orang Lokal

Ketimbang berlagak jadi turis di negara tujuan, ada baiknya Anda mencoba berbaur dengan orang lokal. Cari makanan apa yang orang lokal suka, kemudian pergi belanja ke mana orang lokal berbelanja.

Ini akan membuat Anda mendapatkan pengalaman baru. Sebab belakangan ini, traveler rasa lokal sedang menjadi tren baru bagi para solo traveler Eropa.

7. Tenang dan Tidak Perlu Takut

Tips solo traveling terakhir adalah tetap tenang, santai dan tidak perlu takut. Beberapa hal besar memang berangkat dari hal nekat.

Anda akan tahu bahwa pergi sendirian ke Jepang dan Singapura tidak semenakutkan itu. Apalagi, dua negara ini termasuk negara yang sangat ramah terhadap turis.

Rekomendasi Wisata untuk Solo Traveling di Singapura

1. Gardens by the Bay

Taman yang menakjubkan dengan atraksi seperti Supertree Grove dan Flower Dome. Ideal untuk solo traveler yang ingin menikmati pemandangan alam yang spektakuler dan berfoto di antara struktur ikonik. Terdapat juga pertunjukan cahaya yang memukau di malam hari.

2. Pulau Sentosa

Pulau wisata dengan beragam atraksi seperti Universal Studios Singapore, S.E.A. Aquarium, dan Adventure Cove Waterpark. Cocok bagi solo traveler yang mencari keseruan dan petualangan, serta menikmati pantai dan aktivitas air lainnya.

3. Singapore Night Safari

Pengalaman unik melihat hewan-hewan malam yang langka dalam habitat alami mereka. Solo traveler dapat menikmati tur malam yang menarik dengan panduan yang informatif dan mendapatkan wawasan baru tentang kehidupan malam di hutan.

4. Marina Bay Sands SkyPark

Dengan pemandangan kota yang memukau, Marina Bay Sands SkyPark adalah tempat yang sempurna untuk solo traveler yang ingin menikmati panorama Singapura dari ketinggian. Pengunjung dapat mengambil foto yang spektakuler dan bersantai di area observasi yang luas.

Rekomendasi Wisata untuk Solo Traveling di Jepang

1. Kuil Todai-ji, Nara

Kunjungi kuil ini untuk melihat patung Buddha perunggu terbesar Jepang dan rusa yang berkeliaran di sekitarnya.

2. Kuil Kinkaku-ji, Kyoto 

Nikmati keindahan kuil emas ini yang terletak di tengah-tengah taman yang menawan, merupakan salah satu tempat yang sangat direkomendasikan untuk dikunjungi saat solo traveling di Jepang.

3. Distrik Dotombori, Osaka

Jelajahi area ini yang terkenal dengan kehidupan malamnya yang ramai, berbagai restoran, dan pertunjukan jalanan yang menghibur. Cocok bagi solo traveler yang ingin merasakan keseruan kehidupan malam di Jepang.

4. Pulau Miyajima, Hiroshima 

Menawarkan pemandangan ikonik seperti gerbang torii merah terapung di laut, gunung-gunung yang indah, dan kehidupan tradisional Jepang yang autentik. Cocok bagi solo traveler yang ingin mengalami keindahan alam dan budaya Jepang.

Demikian beberapa tips solo traveling ke singapura dan jepang lengkap dengan rekomendasi destinasi wisata untuk solo traveler.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro