Travel

Survei Membuktikan, 4 Destinasi Indonesia Ini Paling Terkenal di Dunia

Riendy Astria
Sabtu, 6 Juli 2013 - 14:39
Bagikan

BISNIS.COM, JAKARTA- Dalam penelitian terbarunya, Prapancha Research (PR) mengungkap temuan yang membanggakan warga Indonesia. Indonesia ternyata merupakan salah satu tempat liburan yang paling terkenal di dunia.

Penelitian ini ditemukan Tim PR dari analisisnya terhadap 4.113.072 kicauan mengenai tempat-tempat liburan di media sosial Twitter selama kurun waktu dua tahun yaitu 4 Juli 2011-4 Juli 2013.

Pertama, Lombok jauh lebih terkenal ketimbang Hawaii dan Tahiti, dua situs liburan pulau tropis ternama dunia. Dengan 2.549.505 mention di jagat Twitter seluruh dunia, perbincangan tentang Lombok melampaui Hawaii (433.812 mention) lebih dari lima kali lipat dan melampaui Tahiti (232.687 mention) lebih dari sepuluh kali lipat.

Menurut Peneliti PR Adi Akhdiat,  tim peneliti sengaja memilih Hawaii dan Tahiti lantaran kedua pulau ini cukup terkenal.  Namun temuan dari perbincangan yang terjadi di lapangan ternyata mengejutkan, Lombok, yang tak pernah kita dengar dari film-film Hollywood, jauh lebih populer.

Tim juga memilih Lombok, bukannya Bali, karena diasumsikan Bali lebih dikenal lagi dibandingkan Lombok.

Kedua, Gunung Kelimutu, berlokasi di Pulau Flores, NTT, ternyata tak kalah populer dibandingkan gunung-gunung terkenal dunia. Gunung ini disebutkan sebanyak 73.123 mention di seluruh Twitter.

Sementara Blue Mountains, yang terletak di Australia, memperoleh 99.318 mention

Ketiga, Danau Toba juga tersohor di antara danau-danau paling terkenal dunia. Dana Toba mendapat predikat danau terluas di tanah air. Namun bandingkan dengan Lake Titicaca di Peru, yang pernah diliput USA Today dan National Geographic, dan juga Lake Powell di Arizona.

Danau Toba mendapat 54.390 mention, Lake Powell 58.245 mention. Danau Toba diperbincangkan nyaris dua kali lipat dari Lake Titicaca dan hanya berbeda tipis dengan Lake Powell. Lake Titicaca mendapat 28.643 mention,

Keempat, yang juga paling mengejutkan menurut Adi, jumlah perbincangan Borobudur jauh mengalahkan perbincangan tentang Grand Palace dan Angkor Wat.

Grand Palace, yang merupakan kediaman keluarga raja Thailand sejak 1782 merupakan situs turisme paling populer di Thailand, serta Angkor Wat, yang diklaim menjadi bangunan religius terbesar di dunia dari Kamboja, masing-masing hanya memperoleh 63.933 mention dan 104.914. 

Jauh tertinggal dibandingkan dengan pembicaraan tentang Borobudur sejumlah 1.137.739 mention.

Hasil riset ini menunjukkan bahwa meski jauh dari sorotan media dan publikasi besar serta belum ditunjang promosi yang efisien, Indonesia dalam praktiknya terbukti diperbincangkan di mana-mana sebagai situs wisata favorit global." Bisa dibayangkan bila pemerintah lebih keras lagi, Indonesia bisa jadi negara Raja Pariwisata," kata Adi dalam siaran persnya, Sabtu (6/7).

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Riendy Astria
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro