Travel

SITUS WISATA: Lombok, Gunung Kelimutu, Danau Toba, Borobudur, Populer di Twitter

Yusran Yunus
Minggu, 7 Juli 2013 - 11:43
Bagikan

BISNIS.COM, JAKARTA-Sebuah penelitian mengungkap situs wisata di Tanah Air yakni Lombok, Gunung Kelimutu, Danau Toba, Candi Borobudur, mampu mengalahkan kepopuleran situs wisata andalan dunia lainnya di dunia maya.

Berdasarkan hasil analisis Prapanca Research (PR) terhadap 4.113.072 kicauan mengenai tempat liburan di media sosial Twitter selama kurun waktu dua tahun yakni 4 Juli 2011-4 Juli 2013, kepopuleran destinasi wisata RI itu cukup tinggi.

Direktur Eksekutif Prapanca Research Geger Riyanto, mengatakan Lombok jauh lebih terkenal ketimbang Hawaii dan Tahiti, dua situs liburan pulau tropis ternama dunia. Lombok dengan kicauan 2.549.505 mention di jagat Twitter seluruh dunia.

 

"Perbincangan tentang Lombok melampaui Hawaii (433.812 mention) lebih dari lima kali lipat dan melampaui Tahiti (232.687 mention) lebih dari sepuluh kali lipat," katanya.

Peneliti PR lainnya, Adi Akhdiat menjelaskan tim peneliti sengaja memilih Hawaii dan Tahiti karena kedua pulau ini begitu populer karena keduanya sering disebut-sebut dalam film maupun majalah asing.

Temuan dari perbincangan yang terjadi di lapangan ternyata mengejutkan, dimana Lombok, yang tak pernah kita dengar dari film-film Hollywood, jauh lebih populer.

Tim juga memilih Lombok, bukannya Bali, karena diasumsikan Bali lebih dikenal lagi dibandingkan Lombok. Kedua, Gunung Kelimutu, berlokasi di Pulau Flores, NTT, ternyata tak kalah populer dibandingkan gunung-gunung terkenal dunia.

Gunung ini disebutkan sebanyak 73.123 mention di seluruh Twitter. Bandingkan dengan Blue Mountains, terletak di Australia, yang memperoleh 99.318 mention, dan Rocky Mountains, terletak di benua Amerika sebelah utara.

Situs Rocky dan Blue Mountains memiliki publikasi yang lebih baik di luar negeri ini karena pernah diliput CNN, masuk ke harian dengan tiras terluas di AS, USA Today, serta masuk ke salah satu UNESCO Heritage Center.

"Namun perbincangan di antara masyarakat dunia tentang Kelimutu masih bisa mengimbangi gunung-gunung tersohor dunia itu" tutur Adi.

Ketiga, Danau Toba juga tersohor di antara danau-danau paling terkenal dunia. Mungkin kita mengira hanya Indonesia yang mengenal Danau Toba, dengan predikat danau terluas di negeri ini.

Dibandingkan dengan Lake Titicaca di Peru, yang pernah diliput USA Today dan National Geographic, dan juga Lake Powell di Arizona yang juga sohor dari liputan rubrik-rubrik travel yang intens, Danau Toba tidak kalah populer.

Lake Titicaca mendapat 28.643 mention, Danau Toba 54.390 mention, Lake Powell 58.245 mention. Danau Tobat diperbincangkan nyaris dua kali lipat dari Lake Titicaca dan hanya berbeda tipis dengan Lake Powell.

Keempat, yang juga paling mengejutkan, jumlah perbincangan Borobudur jauh mengalahkan perbincangan tentang Grand Palace dan Angkor Wat. Grand Palace, yang merupakan kediaman keluarga raja Thailand sejak 1782 merupakan situs turisme paling populer di Thailand.

Serta Angkor Wat, yang diklaim menjadi bangunan religius terbesar di dunia dari Kamboja, masing-masing hanya memperoleh 63.933 mention dan 104.914. Jauh tertinggal dibandingkan pembicaraan tentang Borobudur sejumlah 1.137.739 mention.

"Yang perlu diketahui oleh publik, semua itu terjadi pada saat promosi turisme Indonesia di mancanegara berjalan kurang efektif dibandingkan negara-negara tetangga".

Dia menunjukkan fakta tentang tingkat keteraksesan situs resmi turisme Indonesia, Malaysia, dan Thailand. Situs http://www.indonesia.travel, terhitung 5 Juli 2013, hanya menempati peringkat 70.112 di Alexa dengan 1.999 situs terhubung dengannya.

Sementara situs turisme Malaysia, http://www.tourism.gov.my, mendapat peringkat 45.578 dengan 2.566 situs terhubung kepadanya, dan Thailand, http://tourismthailand.org, berperingkat 27.309 dengan 4.900 situs terhubung.

"Kinerja instansi yang berwenang atas promosi turisme melalui situs yang paling efektif adalah Thailand, sementara yang paling tidak efektif dibanding ketiganya adalah Indonesia," jelasnya. (antara/yus)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Yusran Yunus
Editor : Yusran Yunus
Sumber : Newswire
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro