Fashion

Hidup Sehat, Jaga Keseimbangan Nutrisi

Rahmayulis Saleh
Jumat, 23 Agustus 2013 - 17:23
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA— Kelebihan gizi dapat menganggu kesehatan, bahkan berakibat pada kematian. Untuk itu masyarakat perlu waspada, dan meningkatkan gaya hidup sehat dengan memperhatikan pola nutrisi seimbang.

Marudut Sitompul, Dewan Pengurus Pusat Persatuan Ahli Gizi (Persagi), mengatakan masyarakat perlu mengukur sendiri konsumsi asupan makanan, sebab kemampuan metabolisme seseorang berbeda-berbeda.

Menurut dia, kelebihan makanan dapat mengganggu proses metabolisme tubuh, yang seharusnya bisa diubah menjadi energi.

Bila dibiarkan, katanya, kondisi seperti pada akhirnya bisa memicu berbagai penyakit seperti diabetes, hipertensi, penyakit jantung, dan menimbulkan radikal bebas yang mengganggu pertumbuhan sel.

“Obesitas kini menjadi masalah akibat pola makan salah, dan kurangnya aktivitas fisik. Untuk itu seseorang perlu disiplin dalam menjaga konsumsi makanan dan minuman,” kata Marudut, di Jakarta, Jumat (23/8/2013).

Hal senada juga disampaikan oleh Pelaksana Harian Direktur Bina Gizi Kementerian Kesehatan M. Nasir. Menurut dia, masyarakat perlu meningkatkan gaya hidup sehat melalui perbaikan pola konsumsi makan.
Dalam workshop Hidup sehat dengan nutrisi seimbang bersama Herbalife, Nasir mengimbau masyarakat untuk memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsinya agar memiliki gizi yang seimbang dan berkualitas.

Dia menjelaskan kecenderungan masyarakat Indonesia kini mulai mengarah pada gaya hidup tidak sehat. Itu dapat dilihat dari data konsumsi lemak mencapai 116%, yang berbanding terbalik dengan konsumsi buah-buahan, sayuran, dan kacang-kacangan yang masih rendah. Selain itu aktivitas fisik masyarakat, juga masih rendah sekitar 84,9%.

“Tak heran kalau terjadi berbagai kasus obesitas, dan penyakit degeneratif di usia produktif di negeri ini,” ungkapnya.

Andam Dewi, General Manager PT Herbalife Indonesia, menambahkan perusahannya selalu berupaya memberikan solusi dengan berbagai penyuluhan dan pelatihan kepada mayarakat, agar bisa memperoleh tubuh yang ideal dan sehat.

Menurut dia, seseorang perlu hati-hati dalam melakukan diet. Orang yang sedang menjalankan diet dengan benar dan sehat, bisa dilihat dari wajahnya. “Bila terlihat lebih tua, itu artinya orang tersebut menjalan diet yang salah,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rahmayulis Saleh
Editor : Ismail Fahmi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro