Travel

Cipta Award Tingkatkan Pengelolaan Destinasi Wisata Berkelanjutan

Dewi Andriani
Minggu, 29 September 2013 - 17:55
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif berharap penyelenggaraan Citra Pesona Wisata (Cipta Award) dapat menjadi sinyal positif untuk meningkatkan kesadaran daerah menjaga dan mengelola daya tarik wisata secara berkelanjutan.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu mengatakan pengelolaan secara berkelanjutan artinya menjaga dan membangun daerah wisata dengan berwawaskan lingkungan. Di samping mempertahankan sosial dan budaya masyarakat sekitar dengan mengangkat kearifan lokal.

 “Pemberian award ini penting, karena prosesnya menciptakan standar yang akhirnya akan dibakukan menjadi pedoman pengelolaan daya tarik wisata berwawasan lingkungan,” ucapnya, di malam penganugrahan Cipta Award, Jumat (27/9/2013).

Sebab, ketika keindahan dan budaya pada lokasi wisata tersebut dapat dijaga, akan menjadi daya tarik bagi para turis yang akhirnya dapat menumbuhkan perekonomian masyarakat sekitar. “Ketika banyak turis yang datang, akan banyak investasi untuk pembangunan infrastruktur serta dana untuk membantu pengelolaan, dampaknya yerhadap ekonomi rakyat.”

Menurutnya, sejak Cipta Ward pertama kali diselenggarakan pada 2010 lalu, hanya 15 provinsi yang mengajukan, kini peserta telah mencapai 27 provinsi. Masih ada 7 provinsi yang belum berpatisipasi hingga saat ini. Antara lain, Lampung, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Maluku Utara, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Selatan.

Dirjen Pengembangan Destinasi Wisata Kemenparekraf Firmansyah Rahim mengatakan pada tahun ini ada sekitar 144 daya tarik wisata dari 27 provinsi yang mendaftar sebagai peserta. Setelah melalui seleksi ketat, terpilih 9 daya tarik wisata yang mendapatkan penghargaan Citra Award.

Menurutnya pemberian Cipta Award ini tidak melulu dinilai berdasarkan keindahan destinasi wisata tersebut. Namun, lebih menekankan pada pengelolaan sehingga memberi efek positif dan dapat menjadi daerah wisata yang berkelanjutan.

“Cipta Award ini merupakan bentuk apresiasi terhadap pengelolaan daerah wisata sehingga diharapkan daya tariknya semakin mendunia dan berkelas internasional,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dewi Andriani
Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro