Fashion

Batik Palbatu Tampil di Finalis Putra-Putri Batik Nusantara

Reni Efita
Kamis, 3 Oktober 2013 - 20:44
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Perancang mode senior Musa Widyatmodjo mengangkat kain batik Pal Batu, Jakarta Selatan itu pada perhelatan finalis pemilihan Putra Putri Batik Nusantara 2013 di Teater Jakarta, TIM, Rabu malam (2/10/2013).

Para finalis itu tampil memperagakan busana itu dan menari mengikuti musik. Batik Pal Batu itu, kata Musa, mempunyai karakter dan warna yang berbeda dengan batik lainnya. Batik itu baru dikembangkan oleh satu komunitas dengan karakter Jakarta yang warna warni.

Adapun motif-motifnya mengangkat seni Jakarta antara lain motif topeng, ondel-ondel dengan ukuran besar-besar. Motifnya ditata dan tidak penuh seperti batik Solo atau Yogyakarta.

“Batik Pal Batu sangat warna warni yang cocok untuk gaya anak muda,” kata Musa yang juga salah satu juri finalis Putra Putri Batik Nusantara 2013 ini.

Musa yang Penasehat Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia (APPMI) ini merancang busana casual yang cocok untuk pria dan perempuan muda. Tampil gaya dengan batik. Batik Pal Batu menjadi pilihan baru untuk mengembangkan batik Nusantara.

\Melalui tema Young Spirit, busana casual untuk pria, misalnya, dirancang bentuk kemeja lengan pendek atau lengan panjang. Bahan batik dipadukan dengan bahan polos yang berwarna-warna cerah seperti hijau, merah, kuning, dan oranye.

Bahan polos itu diposisikannya pada bagian-bagian yang berbeda dengan ukuran asimetris. Seperti kemeja lengan pendek yang bagian depan memadukan batik warna hitam pada bagian dan bahan polos warna hijau pada bagian dada sampai krah, tapi ukuran warna polos di sebelah kiri dan kanan tidak sama. Kemeja itu tampil maskulin nan gaya. Begitu juga dengan kemeja lengan panjang.

Bahan batik dipadukan dengan warna polos yang posisinya berbeda-beda. Ada kemeja yang bagian maset sama dengan warna krah, dan ada pula warna manset sama pada warna bagian dada, atau manset sama dengan warna badan dari batik. Kemeja itu dipadukan dengan celana jins. Sedangkan untuk busana perempuan, Musa merancangan dalam bentuk mini dress yang juga memadukan bahan batik dan bahan polos dengan teknik peachwork.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Reni Efita
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro