/thejoyofpregnancy.com
Health

Hamil Dalam Masa Menyusui Bisa Memicu Kelahiran Dini

Bunga Citra Arum Nursyifani
Minggu, 27 Oktober 2013 - 02:50
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kehamilan yang terjadi saat si ibu masih dalam masa menyusui, ada kemungkinan memicu kelahiran dini.

Rinawati, dokter penanggung jawab NICU (Neonatal Intensive Care Unit) di Rumah Sakit Brawijaya Jakarta, mengatakan saat menyusui, syaraf akan terangsang dan rahim bisa kontraksi.

"Jika kontraksinya kuat, ya bisa saja terjadi kelahiran dini yang menyebabkan bayi prematur," katanya disela talkshow "Deteksi Dini Berbagai Komplikasi Pada Kehamilan & Risiko Bayi Lahir Prematur", Sabtu (26/10/2013).

Meskipun demikian, dia menyarankan si ibu untuk tetap memberikan ASI (Air Susu Ibu) kepada anak yang lahir duluan, sebab jika dihentikan tiba-tiba, secara psikologis anak akan menolak makan.

"Namun, kalau saat menyusui si ibu merasa mulas, segera berhenti. Dampingi juga ASI tadi dengan makanan pendamping berupa karbohidrat seperti pisang dan bubur tepung," lanjut Rina.

Bayi yang prematur sendiri berisiko mengalami sejumlah kelainan seperti gagal jantung, gagal nafas, kebutaan, kelainan otak, hipotermia, infeksi, bahkan kematian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro