Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Musim Penghujan, Waspadai Bakteri dari Kucing dan Tikus

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta Dien Ermawati mengimbau masyarakat untuk mewaspadai penyakit yang mungkin timbul saat musim penghujan dan banjir, salah satunya yang diakibatkan bakteri dari kucing dan tikus, leptospirosis.
Fatkhul-nonaktif
Fatkhul-nonaktif - Bisnis.com 18 November 2013  |  15:06 WIB
Anak-anak melintasi banjir yang merendam kawasan Ulujami, Jakarta, Rabu (13/11). Banjir akibat hujan deras dan meluapnya sungai Pesanggrahan ini mencapai ketinggian hingga satu meter.  - antara
Anak-anak melintasi banjir yang merendam kawasan Ulujami, Jakarta, Rabu (13/11). Banjir akibat hujan deras dan meluapnya sungai Pesanggrahan ini mencapai ketinggian hingga satu meter. - antara

Bisnis.com, JAKARTA - Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta Dien Ermawati mengimbau masyarakat untuk mewaspadai penyakit yang mungkin timbul saat musim penghujan dan banjir, salah satunya yang diakibatkan bakteri dari kucing dan tikus, leptospirosis.

"Bakteri leptospira bisa ditularkan hewan ke manusia lewat kaki, makanya saat hujan atau banjir lindungi kaki dengan penutup, jangan malah main air," kata Dien di Jakarta, Senin (18/11/2013).

Leptospira mampu bertahan hidup cukup lama di dalam ginjal kucing atau tikus sehingga bakteri akan banyak dikeluarkan hewan lewat urin.

Selain penyakit leptospirosis, diare, DBD, cikunguya, gatal-gatal serta flu masih menjadi ancaman saat banjir.

"Oleh sebab itu kebersihan lingkungan sangat penting, masyarakat harus menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat, cuci tangan dengan sabun setiap saat," katanya.

Terkait dengan tenaga kesehatan dan peralatan medis serta obat-obatan mengantisipasi banjir, Dien mengatakan Dinas Kesehatan sudah menyiapkan semuanya.

"Kami sudah siapkan ambulans dan tenaga kesehatan yang siap bekerja tiga shift melayani warga saat banjir, suplai obat lancar," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

hama tikus musim hujan bakteri

Sumber : newswire

Editor : Fatkhul-nonaktif

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top