Cara mengusir tikus secara alami dari rumah./Pixabay-Niki Emert
Health

19 Cara Alami Mengusir Tikus di Rumah Tanpa Pakai Racun dan Ampuh

Rendi Mahendra
Senin, 13 November 2023 - 14:50
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Menghadapi kehadiran tikus di rumah bukanlah situasi yang menyenangkan. Tikus adalah hewan pengerat yang sering menjadi musuh di rumah.

Tikus bukan hanya mengganggu, tetapi juga dapat menjadi penyebab penyakit serius seperti tipes.

Meskipun tikus cerdik dalam menghindari perangkap, ada cara alami yang dapat digunakan untuk mengusir mereka tanpa perlu menggunakan racun berbahaya.

Cara Mengusir Tikus di Rumah Secara Alami

1. Cangkang Telur

Cangkang telur bukan hanya mengusir tikus tetapi juga dapat membantu menghilangkan semut dan kecoa. Tumbuk cangkang telur hingga halus dan taburkan di tempat-tempat yang sering dilalui tikus.

Cara Mengusir Tikus di Rumah, dengan Cangkang Telur-Freepik
Cara Mengusir Tikus di Rumah, dengan Cangkang Telur-Freepik

2. Merica

Menaburkan merica di sudut-sudut rumah yang sering dilalui tikus dapat mengusir mereka. Bau merica akan membuat tikus merasa tidak nyaman dan memilih meninggalkan area tersebut.

3. Soda Kue

Soda kue menghasilkan gas lambung yang dapat membahayakan tikus. Menaburkan soda kue di area yang sering dilewati tikus dapat membuat perut mereka kembung dan sulit buang angin.

4. Hilangkan Sumber Makanan Tikus

Menghilangkan sumber makanan tikus adalah langkah efektif. Pastikan makanan kering disimpan dalam wadah tertutup rapat, dan bersihkan meja dari remah makanan.

5. Memelihara Kucing

Memelihara kucing adalah cara paling alami untuk mengusir tikus. Jika tidak memungkinkan, sebarkan kotoran kucing di area yang sering dikunjungi tikus.

6. Minyak Esensial

Minyak peppermint atau minyak cengkeh dapat mengusir tikus. Basahi bola kapas dengan minyak esensial dan tempatkan di area yang menarik perhatian tikus.

7. Pasang Perangkap

Gunakan perangkap tikus tanpa racun dan tempatkan di area yang sering dilewati tikus. Periksa perangkap setiap pagi dan lepaskan tikus di tempat yang jauh dari rumah.

Cara Mengusir Tikus di Rumah, dengan Pasang Perangkap-Freepik
Cara Mengusir Tikus di Rumah, dengan Pasang Perangkap-Freepik

8. Larutan atau Bubuk Cabai

Gunakan larutan atau bubuk cabai untuk mengusir tikus. Hindari racun berbahaya dan pilih solusi alami yang tidak membahayakan anak-anak dan hewan peliharaan.

9. Bubuk Kopi

Bubuk kopi dapat membuat hidung tikus iritasi. Taburkan di tempat yang dihindari tikus untuk membuat mereka tidak nyaman dan pergi dari area tersebut.

10. Kantong Teh Bekas

Kantong teh bekas memiliki aroma yang dapat membuat tikus menjauh. Tempatkan kantong teh di tempat yang sering dilewati tikus.

11. Lada Hitam

Taburkan lada hitam di area yang sering dikunjungi tikus. Bahan kimia piperin dalam lada hitam dapat mengganggu tikus dan membuat mereka meninggalkan area tersebut.

12. Kulit Durian

Cara Penggunaan: Letakkan kulit durian di area yang sering dilewati tikus. Aroma menyengat dari durian dapat membuat tikus menjauh.

13. Daun Salam

Cara Penggunaan: Taburkan daun salam di area yang sering disinggahi tikus. Tikus yang memakannya bisa mengalami kematian.

14. Daun Sirsak

Cara Penggunaan: Hancurkan daun sirsak menjadi potongan kecil dan letakkan di area ruangan yang sering dilalui tikus. Bau dari daun sirsak akan dihindari tikus.

Cara Mengusir Tikus di Rumah, dengan Daun Sirsak-Freepik
Cara Mengusir Tikus di Rumah, dengan Daun Sirsak-Freepik

15. Kebersihan Rumah

Pastikan rumah tetap bersih dari remah makanan dan sumber makanan lainnya yang dapat menarik perhatian tikus.

16. Periksa dan Perbaiki Celah

Lakukan pemeriksaan di sekitar rumah untuk menemukan dan menutup celah atau lubang yang mungkin menjadi akses tikus ke dalam rumah.

18. Perangkap Tikus Tanpa Racun

Jika diperlukan, gunakan perangkap tikus tanpa racun untuk menangkap tikus dan melepaskannya ke tempat yang aman.

19. Perhatikan Kebersihan Limbah

Pastikan limbah rumah tangga seperti sisa makanan atau sampah organik tidak berserakan di sekitar rumah.

Itulah sembilan belas cara alami mengusir tikus dari rumah yang dapat Anda terapkan agar tikus hilang dan rumah menjadi bersih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rendi Mahendra
Editor : Rendi Mahendra
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro