Entertainment

Sundance Film Festival Didominasi Lini Perempuan

Deliana Pradhita Sari
Selasa, 17 Desember 2013 - 22:12
Bagikan

Bisnis.com, NEW YORK - Para wanita akan menjadi lini garis depan dalam menggebrak Film Festival Sundance 2014 yang akan diselenggarakan bulan depan di Park City, Salt Lake City, Ogden,Utah bersamaan dengan perayaan hari jadi ke-30 ajang perfilman gagasan Robert Redfort tersebut.

Pada festival 2013, para sutradara wanita memenangkan kompetisi dan untuk 2014, para wanita kembali lagi berkuasa. Namun untuk kali ini, para komedian mundur teratur.

Beberapa aktris seperti Amy Poehler, Kristen Wiig, Molly Shannon, Aubrey Plaza, Amy Sedaris dan Jenny Slate muncul pada film utama yang akan dikompetisikan di Sundance Film Festival. Dan dalam kasus ini, para komedian Wiig, Shannon dan Plaza berperan serius, jauh dari kesan komedi.

Menyusul perannya di film drama The Secret Life of Walter Mitty, Wiig akan berperan sebagai saudara kembar dari mantan anggota SNL Bill Harder pada film The Skeleton Twins. Film yang juga menampilkan Luke Wilson dan Ty Burrel ini menceritakan saudara kembar yang kebetulan menghindari kematian secara bersamaan di hari yang sama.

Sedangkan Shannon dan Plaza akan membintangi Life After Beth yang bercerita tentang misteri percintaan setelah kematian.

 “Tahun ini para nominasi banyak berasal dari komedian, yang sering kita sebut dengan Funny Ladies,” Kata John Cooper, Direktur Sundance Film Festival. Namun mereka disetting dari aktris komedi yang berubah haluan pada skenario yang lebih serius.

Sedikitnya pria yang berkompetisi di ajang ini, menurut Cooper, karena pada umumnya banyak para aktor yang tidak tertarik dengan film independent karena kualitas peran yang mereka mainkan kurang menarik.

Sebanyak 117 film yang terpililih dari 12.218 film yang terkumpul-lebih banyak dibandingkan dengan film pada festival 2013 yang mencai 12.146-dijadwalkan berlomba pada Sundance 2014 yang diwakili oleh 37 negara dan 54 sutradara pendatang baru.

Film-film Sundance memiliki kekhasan yang menawarkan para pemainnya untuk keluar dan meninggalkan pakem formula perfilman Hollywod.

Lena Dunham-yang terkenal lewat serial komedi garapannya, Girls dan debut filmnya berjudul Tiny Furniture yang memenangkan kategori The Best Narrative Feature pada Southwest Film Festival 2010-akan muncul pada film karya Joe Swanberg berjudul Happy Christmas yang juga menampilkan aktris Anna Kendrick.

Film feature pertamanya sejak The Twilight Saga: Breaking Dawn Part 2, Kristen Stewart memerankan seorang penjaga pantai di Teluk Guantanamo pada film Camp X-Ray karya Peter Sattler.

Namun, dengan banyaknya aktris yang berkontribusi, para aktor juga masih mendapat perhatian pada ajang yang akan berlangsung 10 hari, 16-26 Januari 2014.

Mereka antara lain Sam Shepard, Michael C. Hall dan Don Johnson yang berperan sebagai penjahat di kota kecil pada film Cold in July karya Jim Mickle yang mengisahkan tentang kasus korupsi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Sepudin Zuhri
Sumber : CNN
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro