Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini Model Diet Baru yang Efektif Pangkas Berat Badan Anda

Mungkin cara ini yang paling tepat untuk menurunkan berat badan, yaitu dengan diet selama hari kerja (Senin-Jumat), sebab berat badan orang bertambah setiap akhir pekan (Sabtu-Minggu).
Sepudin Zuhri
Sepudin Zuhri - Bisnis.com 06 Februari 2014  |  14:45 WIB
Ilustrasi - Bisnis.com
Ilustrasi - Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Mungkin cara ini yang paling tepat untuk menurunkan berat badan, yakni dengan diet selama hari kerja (Senin-Jumat), sebab berat badan manusia  bertambah setiap akhir pekan (Sabtu-Minggu).

Peneliti asal AS menemukan fakta baru bahwa makanan yang masuk ke perut selama sepekan--tidak hanya makan pada akhir pekan--yang mempengaruhi berat badan.

Mereka mengatakan dengan mengurangi kebiasaan makan pada Senin-Jumat, maka dampak pada akhr pekan masih bisa ditoleransi. Manusia cenderung mulai kehilangan berat badan pada Selasa dan mulai bertambah bobot pada Jumat.

Jika Anda merasa buruk soal apa yang Anda makan pada akhir pekan, itu hal wajar dan tidak perlu terlalu menyalahkan diri sendiri. Intinya, diet dilakukan pada hari kerja Senin-Jumat.

Sebaliknya, kamu lebih baik fokus pada makan siang dan makan malam selama sepekan (Senin-Jumat). Hal itu disebabkan sebagian besar tambahan lemak terjadi pada akhir pekan.

Para peneliti di New York Cornell University menemukan bahwa hampir semua orang kehilangan berat badan pada hari kerja dan berat badan bertambah terjadi pada akhir pekan.

Tapi, yang terpenting, suksesnya diet bukan tidak berapa banyak lagi yang mereka peroleh pada akhir pekan -itu adalah berapa banyak mereka kehilangan berat badan selama hari kerja.

Penelitian yang dipimpin oleh Dr. Brian Wansink, 80 orang dewasa yang berpartisipasi dalam penelitian itu, usia 25-62 tahun. Mereka dikelompokkan pada kelompok yang kehilangan berat badan 3%, berat badan bertambah 1%, dan perubahan naik dan turun -3% hingga +1%.

Berat badan mereka ditimbang sebelum sarapan. Tujuan observasi ini untuk melihat apakah fluktuasi berat badan bergantung setiap hari selama sepekan.

Hasil penelitian menunjukkan pola yang jelas dalam fluktuasi berat badan mingguan. Berat badan bertambah pada Minggu dan Senin, dengan berat badan mereka terus berkurang selama hari kerja -mencapai titik terendah pada Jumat.

Tanpa diduga, para peneliti menemukan perbedaan antara orang yang kehilangan berat badan dan orang yang berat badannya bertambah dalam pola fluktuasi berat badan ini.

Orang-orang yang kehilangan berat badan melakukannya dengan menurunkan jumlah kalori secara langsung setelah akhir pekan dan terus begitu hingga Jumat.

Sementara itu, mereka yang tidak menurunkan berat badan tidak memiliki penurunan yang jelas selama hari kerja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kegemukan menu diet seimbang diet

Sumber : www.dailymail.co.uk

Editor : Sepudin Zuhri

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

Banner E-paper
To top