Sepeluh gejala penyakit diabetes. Pintar-pintar memilih gula untuk konsumsi/Istimewa
Fashion

Cara Pintar Pilih Gula untuk Cegah Diabetes

Atiqa Hanum
Sabtu, 29 November 2014 - 13:59
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Minuman yang panas dan dingin, bagi penderita diabetes tentu berbeda pemakaian gulanya. Hal ini telah dipaparkan oleh Dokter Spesialis Gizi Klinis Nurul Ratna saat acara Diabetes Family Gathering yang ke-4 di Klinik Pratama, Klinik Dokter Keluarga (KDK) Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Kayu Putih, Sabtu (29/11) di Jakarta.

Nurul menjelaskan apabila seseorang penderita diabetes ingin meminum minuman yang panas seperti teh, kopi dan sebagainya lebih baik gunakan gula yang bahan dasarnya sukralosa. Untuk itu, saat dibetesi membeli harus perhatikan hal-hal tersebut apapun merknya. Gula tersebut mengandung 600 kali lipat lebih manis dibandingkan gula meja (sukrosa). Uniknya, pemanis ini tidak akan meningkatkan gula dalam darah.

“Kalau untuk minumaan yang dingin seperti ingin minum jus atau sirup buatan tentu harus gunakan gula yang bahan dasarnya aspartame,” ungkap Nurul.

Mengapa aspartame tidak baik dicampur ke minuman panas karena aspartame akan dipecah-pecah yang akan meningkatkan lemak sehingga menimbun di dalam darah. Hal ini bisa diidentifikasikan bisa menyebabkan kanker, namun memang belum ada berapa persen tingkat pengaruhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Atiqa Hanum
Editor : Ismail Fahmi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro