Ilustrasi/Bisnis
Fashion

Pengidap Diabetes Wajib Waspadai Gula Di Buah

Atiqa Hanum
Sabtu, 29 November 2014 - 14:39
Bagikan

Bisnis.cm, JAKARTA—Makan buah-buahan ternyata tidak semua buah baik bagi penderita diabetes. Dokter Spesialis Gizi Klinis Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo Nurul Ratna berbicara ada beberapa buah yang jahat bagi diabetes. Dia menjadi pembicara pada acara Diabetes  Family Gathering ke-4 di Klinik Pratama, Klinik Dokter Keluarga (KDK) Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Kayu Putih, Sabtu (29/11) di Jakarta.

Nurul menjelaskan dibetesi harus pintar memilih ketika ingin makan buah-buahan. Contohnya, buah-buahan yang pantang bagi diabetes yakni seperti duren, sawo, kelengkeng, rambutan dan buah yang sangat manis. Dia menjelaskan bukan tidak boleh sama sekali namun bisa dibilang maksimal 2-4biji untuk rambutan dan yang lain lebih baik jangan.

“Memang sih kadang penderita diabetes merasa selalu dibatasi. Namun, bukan tidak boleh melainkan harus tahu akan kecukupan tubuh karena apabila dihantam begitu saja akan terjadi hal-hal yang tidak dinginkan,” paparnya.

Sedangkan, untuk buah yang diperbolehkan seperti manga yang belum terlalu matang atau mengkel, apel yang warna hijau bisa apel malang atau apel yang berinisial GS, melon, papaya yang tidak terlalu matang dan salak. Untuk pisang lebih baik pisang kapok yang lebih baik jangan dibuat pisang goreng.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Atiqa Hanum
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro