Fashion

Cegah Diabet Sebelum Terlanjur

Atiqa Hanum
Sabtu, 29 November 2014 - 14:48
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Penyakit diabetes juga merupakan penyakit turunan, sehingga apabila seseorang terkena diabetes bisa dikatakan keturunannya akan terkena pula.

Hal itu dipaparkan oleh Dokter Spesialis Gizi Klinis Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo Nurul Ratna saat berbicara tentang bagaimana cara menjaga pola makan yang baik agar penderita bawaan diabetes bisa bertahan cukup lama tanpa menderita sejak dini.

Menurut Nurul, seseorang yang belum dan yang membawa gen penyakit diabetes tentu tetap harus menjaga pola makan agar masa tuanya nanti terhindar dari penyakit diabetes. Nurul menggambarkan dalam wadah satu piring bulat setengah piring diisi dengan sayur mayur. Setengah piring lagi dibagi dua yang diisi menjadi seperempat nasi dan seperempat lauk pauk.

“Lauk pauk boleh digoreng namun dalam sehari maksimal hanya dua saja tidak boleh lebih dan dalam waktu makan yang berbeda, misalnya pagi tahu goreng siangnya ayam goreng,” jelasnya saat wawancara dalam acara Diabetes  Family Gathering ke-4 di Klinik Pratama, Klinik Dokter Keluarga (KDK) Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Kayu Putih, Sabtu (29/11) di Jakarta.

Selain itu, tambahnya, bagi seseorang yang sangat suka begadang tentu tidak terlepas dari cemilan yang dapat membuat berat badan cepat sekali naik sedangkan kondisi badan tidak fit. Hal ini dapat membuat lemak tertibun lebih banyak daripada makan pada umumnya. Kalaupun tidak bisa menahan lebih baik pilih cemilan yang terbebas dari karbohidrat agar tidak menjadi lemak.

Saran Nurul terakhir adalah olahraga yang cukup. Setidaknya seseorang harus olahraga tiga kali dalam seminggu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Atiqa Hanum
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro