Kopi/grapplergourmet.com
Fashion

Ini Tips Jika Anda Ingin Jadi Barista Hebat

Ipak Ayu H Nurcaya
Kamis, 22 Januari 2015 - 12:29
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Ada sejumlah syarat utama yang harus dimiliki seseorang jika ingin menjadi barista yang hebat. Barista adalah sebutan untuk seseorang yang pekerjaannya membuat dan menyajikan kopi kepada pelanggan.

Berikut ini adalah tips dari Toni Wahid yang sudah berkecimpung dalam komunitas pecinta kopi atau cikopi sejak 7 tahun lalu.

1. Memiliki antusiasme memahami kopi.
Ini merupakan syarat dasar untuk semua yang ingin berkecimpung di dunia kopi. Seorang barista jika minat pada kopi saja tidak ada, tentu tidak akan menjadikannya bekerja dengan baik. Memahami kopi secara umum saja misalnya asal daerah kopi, proses pasca panen, karakteristik roasting hingga nantinya dapat melakukan pengujian cita rasa dengan tepat.

2. Mampu mengoperasikan mesin espresso
Mesin espresso atau alat giling kopi adalah alat utama pada profesi barista. Menurut Toni, semakin maraknya industri kopi di Indonesia berbanding lurus dengan maraknya sekolah khusus barista. Jadi jangan khawatir bagi anda yang berminat menjadi barista segera daftarkan diri anda pada sekolah barista.

3. Menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan
Akhirnya profesi barista adalah menyediakan kopi yg bercita rasa dan berseni tinggi kepada pelanggan. Memiliki sifat yang ramah dan baik kepada pelanggan penting untuk seorang barista.

4. Memahami bisnis coffe shop
Toni menambahkan, barista yang handal tidak boleh cepat puas dengan keahlianya. Ia harus terus mengembangkan dirinya guna menunjang karir barista ke depannya. Misalnya mulai belajar memahami bisnis coffe shop sendiri.

Selain menjadi bafrista, Toni juga giat menulis tentang kopi di blog cikopi. Ia berharap blog tersebut dapat bermanfaat kepada masyarakat yang ingin mencari referensi awal mengenai kopi.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro