Balai Lelang Christie's melelang koleksi wine Sir Alex Ferguson./blouinartinfo.com
Health

5 Manfaat Kesehatan Minum Wine

Martin Sihombing
Senin, 26 Januari 2015 - 01:11
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Anda selalu bertanya, apa manfaat minum wine bagi kita? Dalam porsi yang wajar, tidak berlebihan, wine ternyata memberikan efek yang cukup positif, bagi kesehatan termasuk. Sekali lagi, ini bukan untuk memprovokasi, minumlah wine sebanyak-banyaknya.

Berikut adalah lima alasan yang mengagumkan untuk membeli sebotol red wine, diadaptasi dari “The 5 Skinny Habits” oleh Dave Zulberg.

1. Ini baik bagi jantung Anda. Banyak penelitian  modern telah menunjukkan  konsumsi anggur moderat dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Penemuan kesehatan ini menjadi terkenal ketika penelitian menunjukkan  orang-orang Prancis memiliki salah satu tingkat serangan jantung terendah di dunia. Fenomena ini disebabkan oleh konsumsi secara teratur anggur merah oleh Prancis dan menjadi dikenal sebagai "paradoks Prancis." Penelitian di Harvard termasuk konsumsi alkohol moderat sebagai salah satu "delapan cara yang telah terbukti untuk mengurangi risiko penyakit jantung koroner." Para peneliti percaya antioksidan dalam kulit dan biji anggur merah, yang disebut flavonoid, mengurangi risiko penyakit jantung koroner dengan menurunkan LDL (kolesterol jahat), meningkatkan kadar HDL (kolesterol baik) dan menurunkan pembekuan darah.

2. Hal ini dapat menangkal penyakit. Resveratrol, yang ditemukan dalam kulit anggur merah, dapat membantu penderita diabetes mengatur gula darah mereka dan mencapai kadar glukosa darah. Selain itu, para peneliti telah menemukan  pria yang minum rata-rata 4-7 gelas anggur merah per minggu mungkin didiagnosis dengan kanker prostat berkurang. Studi lain menunjukkan  resveratrol dapat membantu dalam mengobati penyakit saraf seperti Alzheimer dan Parkinson, dan penelitian terbaru lainnya di New England Journal of Medicine menunjukkan dorongan dalam kemampuan otak untuk wanita yang menikmati minuman sehari.

3. Hal ini dapat mencegah flu biasa. Sebuah studi di American Journal of Epidemiology menemukan  antioksidan dalam anggur merah juga dapat mencegah flu biasa. Para peneliti menyelidiki kebiasaan minum alkohol dari 4.272 dosen dan staf lima universitas Spanyol. Konsumsi anggur - anggur terutama merah - dikaitkan dengan risiko rendah tertular flu biasa.

4. Hal ini dapat membantu Anda langsing. Wine biasanya dipandang sebagai "buah terlarang" pada program penurunan berat badan atau pemeliharaan. Namun, penelitian di Purdue University - diterbitkan dalam Journal of Biological Chemistry - tidak setuju. Ditemukan  senyawa piceatannol, yang dikonversi dari resveratrol, bisa membantu mengendalikan obesitas. Kemampuan itu memblok insulin untuk mengaktifkan gen yang melaksanakan tahapan lebih lanjut dari pembentukan sel lemak. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Archives of Internal Medicine menunjukkan  wanita yang mengkonsumsi wine kurang dalam jumlah moderat  mungkin untuk mendapatkan berat badan di usia pertengahan.

5. Hal ini dapat meningkatkan mood Anda. Kita semua tahu   glass of dry wine bisa santai dan meringankan beberapa stres. Tapi mungkin memiliki efek yang lebih penting. Satu penelitian besar menemukan  konsumsi anggur di kisaran 2-7 minuman seminggu secara signifikan berhubungan dengan tingkat depresi yang lebih rendah, sementara peminum berat tampaknya berada pada risiko yang lebih tinggi. Studi lain oleh Nord-Trondelag Health Study (HUNT Study) yang berbasis di Norwegia menemukan  peminum moderat berada pada risiko lebih rendah menderita depresi dibandingkan dengan mereka yang tidak memiliki alkohol. Menariknya, para ilmuwan di Italia menemukan  varietas tertentu anggur yang digunakan untuk membuat anggur merah mengandung kadar tinggi sleep hormone atau sesuatu dengan efek yang sama. Hal ini bisa menjelaskan mengapa konsumsi anggur moderat menginduksi tidur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Martin Sihombing
Sumber : postcrescent.com
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro