Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

DEMAM BATU AKIK: Kolektor Jangan Sampai Musyrik Kata MUI

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar) Duski Samad menghimbau penggemar atau kolektor batu akik untuk tidak terbawa ke dalam sifat kemusyrikan.
Nancy Junita
Nancy Junita - Bisnis.com 26 Januari 2015  |  11:27 WIB
Batu akik - Antara
Batu akik - Antara

Bisnis.com, JAKARTA— Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar) Duski Samad menghimbau penggemar atau kolektor batu akik untuk tidak terbawa ke dalam sifat kemusyrikan.

"Jangan sampai batu akik merusak nilai akidah sebagai umat Islam, apalagi memercayai batu akik berpengaruh dalam kehidupan," kata Duski Samad di Padang, Senin (26/1/2015).

Dijelaskan, dalam hukum Islam, memercayai dan meyakini benda-benda yang memiliki kelebihan, dan membawa keberuntungan dalam kehidupan termasuk dalam dosa besar, dan itu dilarang dalam Islam.

"Batu akik hanyalah sejenis batu mulia, batu itu disukai hanya berdasarkan bentuk dan warnanya, tidak lebih dari itu," katanya.

Lebih lanjut, dia menambahkan, memakai aksesoris dalam kehidupan dalam Islam tidak ada larangan, justru itu dianjurkan untuk perhiasan diri.

"Jika batu akik itu dipercaya memiliki kelebihan dan membawa keberuntungan dalam kehidupan itu jelas sudah dosa besar," katanya.

Dikatakan, pada batu akik jenis tertentu, jika dipakai dalam waktu yang lama memang mengalami proses pergantian warna, dan itu tidak ada hubungannya dengan kehidupan sehari-sehari.

"Itu murni proses kandungan mineral yang ada dalam batu tersebut, ini harus disikapi dengan baik," katanya.

Duski Samad juga mengatakan, banyaknya peminat batu akik dari Sumbar dari segi ekonomi sangat baik, hal ini dapat membantu penjual batu mulia untuk mendapatkan keuntungan.

"Kita bersyukur, penjualan batu akik Sumbar mendapat respons yang sangat baik, dan itu tentunya memberikan dampak perekonomian bagi pedagang serta pengrajin batu akik," katanya. (Bisnis.com)

BACA JUGA:

“American Sniper” Makin Perkasa di Peta Persaingan

Petropack Agro Industries Resmikan Pabrik Ekstraksi Bahan Alami

 

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

batu akik

Sumber : Antara

Editor : Nancy Junita

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top