Puteri Indonesia 2014 Elvira Devinamira mengenakan busana nasional modifikasi bertemakan The Chronicle Of Borobudur saat konfrensi pers jelang keberangkatannya ke ajang Miss Universe 2015 di Jakarta, Rabu (17/12/2014)./Antara-Teresia May
Fashion

MISS UNIVERSE 2015: Ini Kunci Keberhasilan Indonesia Raih "Best National Costume"

Agnes Savithri
Selasa, 27 Januari 2015 - 10:05
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Puteri Indonesia, Elvira Devinamira berhasil meraih juara satu dalam kategori Best National Costume di ajang Miss Universe 2015.

Busana bertajuk The Chronicle of Borobudur  ini merupakan rancangan Dynand Fariz, pendiri sekaligus Presiden Jember Fashion Carnaval (JFC).

“Saya sangat bangga, luar biasa bersyukur untuk kemenangan Elvira. JFC pun ikut bangga untuk kemenangan tersebut,” tutur Dynand kepada Bisnis.com, Senin (26/1/2015) melalui sambungan telepon.

Dynand menceritakan persiapan ini sudah dilakukan sejak Maret 2014. Pada waktu itu, Dynand mulai berdiskusi dan melakukan riset. Barulah pada September, kostum tersebut mulai digarap dan pada awal Desember siap digunakan.

Kostum seberat 20 kilogram ini menggunakan berbagai material salah satunya adalah matras untuk bagian sayap yang berbentuk stupa. Dynand menjelaskan kostum ini dikerjakan oleh sekitar 10 orang dan semuanya merupakan handmade.

Kunci

Dynand tidak menemukan kesulitan dalam pembuatan kostum ini. Menurutnya, kunci pembuatan kostum ini adalah inovasi dan kreativitas bagaimana Candi Borobudur dituangkan menjadi sebuah kostum yang memiliki jiwa dan rasa.

Dengan menangnya kostum ini di ajang Miss Universe, Dynand berharap Indonesia bisa lebih dikenal oleh negara lain, terutama dalam festival kostum.

“Indonesia memiliki kreativitas dalam membuat kostum yang menarik terutama di Jember sebagai pusat dari kostum karnaval,” tutur Dynand.

Dynand pun berharap untuk ke depannya Indonesia memiliki Museum Kostum yang terletak di Jember untuk menampilkan kostum-kostum yang memiliki nilai historis dan prestasi seperti yang dikenakan oleh Elvira di ajang Miss Universe.

Sebelumnya, kostum rancangan Dynand berhasil memenangkan berbagai ajang internasional seperti Best National Costume dalam ajang Miss Internasional 2014. (Bisnis.com)

BACA JUGA:

Ibu Hamil, Obat Jerawat Ini Sebabkan Bayi Cacat Lahir

Tips Mudah Mengatasi Mata Kering

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Agnes Savithri
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro