Ilustrasi/Sheknows
Health

Ini Alasan Mengapa Sebaiknya Sarapan Dulu, Baru Sikat Gigi

Deandra Syarizka
Kamis, 29 Januari 2015 - 14:10
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA– Kebiasaan masyarakat Indonesia yang mendahulukan sikat gigi pagi terlebih dulu baru sarapan ternyata berdampak kurang baik bagi kesehatan rongga mulut. Pasalnya, sisa makanan akan terus menempel di sela gigi sepanjang hari dan membentuk biofilm yang bisa merusak gigi.

“Seharusnya itu yang benar sarapan dulu, baru sikat gigi. Bukan sebaliknya,” ujar Ketua Divisi Pendidikan dan Litbang Pengurus Besar Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI)Melanie Sadono Djamil, saat peluncuran Listerine Multi Protect, Kamis (29/01/2015).

Oleh karena itu, dia menganjurkan masyarakat untuk mengubah kebiasaannya. Sebaiknya, setiap pagi setelah bangun tidur kita hendaknya minum air putih, lalu berkumur dengan mouthwash, sarapan pagi, baru dilanjutkan dengan mandi dan gosok gigi. Dengan demikian, kebersihan rongga mulut terjaga dari makanan sisa sarapan.

Studi Listerine menunjukkan bahwa penggunaan obat kumur dapat melawan kuman di mulut hingga 99,9%, dan penggunaan secara berkala dapat mengurangi beberapa masalah gigi dan mulu, seperti mengurangi pembentukan plak hingga 56%, menjaga kesehatan gigi dan mengurangi radang gusi hingga 36%. (Bisnis.com)

 

BACA JUGA:

Tren Kecantikan 2015: Inner Beauty Lebih Penting

Serunya Proses Syuting Film Filosofi Kopi

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Deandra Syarizka
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro