Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini Alasan Mengapa Sebaiknya Sarapan Dulu, Baru Sikat Gigi

Kebiasaan masyarakat Indonesia yang mendahulukan sikat gigi pagi terlebih dulu baru sarapan ternyata berdampak kurang baik bagi kesehatan rongga mulut.
Deandra Syarizka
Deandra Syarizka - Bisnis.com 29 Januari 2015  |  14:10 WIB
Ilustrasi - Sheknows
Ilustrasi - Sheknows

Bisnis.com, JAKARTA– Kebiasaan masyarakat Indonesia yang mendahulukan sikat gigi pagi terlebih dulu baru sarapan ternyata berdampak kurang baik bagi kesehatan rongga mulut. Pasalnya, sisa makanan akan terus menempel di sela gigi sepanjang hari dan membentuk biofilm yang bisa merusak gigi.

“Seharusnya itu yang benar sarapan dulu, baru sikat gigi. Bukan sebaliknya,” ujar Ketua Divisi Pendidikan dan Litbang Pengurus Besar Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI)Melanie Sadono Djamil, saat peluncuran Listerine Multi Protect, Kamis (29/01/2015).

Oleh karena itu, dia menganjurkan masyarakat untuk mengubah kebiasaannya. Sebaiknya, setiap pagi setelah bangun tidur kita hendaknya minum air putih, lalu berkumur dengan mouthwash, sarapan pagi, baru dilanjutkan dengan mandi dan gosok gigi. Dengan demikian, kebersihan rongga mulut terjaga dari makanan sisa sarapan.

Studi Listerine menunjukkan bahwa penggunaan obat kumur dapat melawan kuman di mulut hingga 99,9%, dan penggunaan secara berkala dapat mengurangi beberapa masalah gigi dan mulu, seperti mengurangi pembentukan plak hingga 56%, menjaga kesehatan gigi dan mengurangi radang gusi hingga 36%. (Bisnis.com)

 

BACA JUGA:

Tren Kecantikan 2015: Inner Beauty Lebih Penting

Serunya Proses Syuting Film Filosofi Kopi

 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kesehatan
Editor : Andhina Wulandari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top