Jogging/BBC
Health

Awas, Kebanyakan Berlari Bisa Bikin Umur Pendek

News Editor
Rabu, 4 Februari 2015 - 13:43
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Kebiasaan berlari atau jogging akan berdampak baik untuk kesehatan Anda. Namun, berdasarkan sebuah penelitian, terlalu banyak berlari justru akan memberikan efek yang buruk bagi tubuh.

"Dalam penelitian ini, lama berlari yang paling pas untuk mengurangi persentase kematian adalah 1-2,4 jam per pekan. Frekuensinya tidak lebih dari tiga hari per pekan," ujar Jacob Marott, peneliti dari Rumah Sakit Frederiksberg di Kopenhagen, Denmark.

Dalam penelitiannya, Marott dan rekan-rekannya mengikuti hampir 1.100 pelari sehat dan 413 orang yang banyak duduk selama lebih dari 12 tahun di Denmark. Para pelari mencatat jam dan frekuensi berlari dan persepsi mengenai kecepatan lari mereka.

Peneliti menemukan bahwa pelari yang memaksakan diri dalam melakukan jogging berpotensi besar meninggal selama jangka waktu tertentu. Temuan ini dirilis secara online dalam Journal of American College of Cardiology pada 2014.

Apa kaitannya terlalu banyak berlari dengan kematian? "Kami percaya bahwa aktivitas fisik dengan durasi yang terlalu panjang dapat menyebabkan masalah pada struktural patologis jantung dan arteri," kata Marott.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : News Editor
Sumber : tempo.co
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro