Bakteri listeria/kaskus
Health

Bakteri Listeria Juga Ada di Makanan Siap Saji

Fitri Rachmawati
Kamis, 5 Februari 2015 - 11:45
Bagikan

Bisnis.com,JAKARTA—Bagi Anda yang sering mengkonsumsi makanan siap saji dan daging ayam yang setengah matang, maka  berhati-hatilah terhadap bakteri listeria.

Karena bakteri ini bisa bermultiplikasi atau tumbuh semakin banyak terutama dalam suhu yang rendah seperti di dalam lemari pendingin supermarket atau kulkas di rumah.

Untuk itu jagalah agar suhu di dalam kulkas antara 0 dan 4 derajat celcius (32 dan 39,2 derajat F). Sehingga bakteri tidak akan bermultiplikasi, dan selalu mematuhi tanggal kadaluarsa makanan. Karena makanan yang sudah kadaluarsa akan banyak mengandung bakteri listeria.

Cara untuk menghindari bahaya bakteri ini yaitu bawalah makanan siap saji yang baru dibeli dari supermaket tersebut dalam kantong atau kotak yang kedap udara jika memungkinan.

Selain itu, jagalah agar makanan tersebut tetap dalam keadaan dingin dan jika makanan itu menjadi terlalu hangat atau mulai tidak beku saat dibawa dalam perjalanan maka kemungkinan bakteri listeria sudah bermultiplikasi.

Sebenarnya makanan siap saji aman untuk dimakan baik oleh semua orang baik itu yang sedang hamil, anak-anak hingga orang tua. Namun, harus memperhatikan dan mematuhi instruksi cara memasak atau memanaskannya secara teliti.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Fitri Rachmawati
Sumber : BabyCentre, Question And Answers
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro