Referensi

TIPS INTERIOR DINAMIS: Ini Cara Menciptakan Ruang Unik Bernuansa Britpop

Yustinus Andri DP
Jumat, 20 Februari 2015 - 05:17
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA-Sejak beberapa dekade terakhir, motif Union Jack atau bendera kebangsaan Britania Raya menjadi salah satu motif bendera yang paling digemari. Motif ini disukai terutama oleh para penggemar musik aliran Britpop.

Maka tak heran motif Union Jack yang memiliki perpaduan warna merah, putih dan biru ini sering digunakan untuk beberapa ornamen penghias ruangan. Mulai dari sofa, sarung bantal,karpet, lampu dan lain sebagainya.

Banyaknya ornamen yang menggunakan motif Union Jack ini, membuat banyak orang tetarik untuk mengoleksinya, bahkan menjadikannya salah satu tema ruangan di dalam rumah.

Bagi rumah dengan konsep minimalis, penggunaan motif Union Jack bisa digunakan sebagai corak korden. Dipadukan dengan batang atau tangkai penaut korden yang berwarna kuning keemasan, kesan perabotan Kerajaan Inggris bisa sedikit terpancar.

Selain digunakan sebagai korden, karpet dengan motif Union Jack juga bisa digunakan. Jika ingin menimbulkan kesan lebih muda dan segar, perpaduan dengan perabotan lain, seperti meja atau kursi yang berwarna cerah bisa menjadi pilihan.

Namun jika motif karpet tersebut ingin dimanfaatkan untuk menimbulkan kesan vintage. Perabotan berwarna lembut dan cenderung ke kecoklatan dapat dimasukkan dalam daftar pilihan warna ruangan.

Selain korden dan karpet, kesan British dari motif Union Jack juga bisa dimanfaatkan sebagai motif bed cover. Biasanya konsep cocok digunakan untuk menampilkan kesan maskulin dan muda bagi pemilik ruangan. Hal ini dikarenakan motif bendera tersebut yang memiliki garis tegas dan cenderung maskulin.

Untuk menimbulkan kesan maskulin tersebut, motif Union Jack di bed cover bisa dipadukan dengan warna coklat tua yang dapat diterapkan pada tempat tidur, kursi atau meja di samping tempat tidur.

Motif Union Jack yang cenderung maskulin ini tetap bisa juga digunakan untuk menimbulkan kesan feminim. Sebab Union Jack tidak harus selalu berwarna merah, putih, dan biru. Juga tidak harus berbentuk persegi panjang.

Untuk Anda yang menginginkan suasana feminim, warna merah bisa diganti dengan pink atau oranye. Bentuk persegi bisa diganti dengan siluet beruang, anjing, atau kucing. Motif ini bisa digunakan pada bantal yang lembut. Tema yang cocok untuk nuansa feminim adalah pop art dan shabby chic.

Guna mendukung konsep tersebut, saat ini dipasaran cukup banyak produsen perabotan yang menyediakan motif tersebut sehingga Anda tak perlu khawatir untuk mewujudkannya.

Jika tidak ingin terlalu banyak menggunakan perabotan baru guna mendukung nuansa Union Jack di dalam ruangan. Anda bisa memunculkannya dengan cara memainkan warna tembok ruangan.

Cat tembok atau wallpaper berwarna biru navy atau biru dongker bisa menjadi pilihan tepat. Dipadukan perabotan lain yang berwarna merah atau abu-abu, hitam atau putih, yang umum dimiliki banyak orang.

Anda dapat dengan mudah menampilkan nuansa Union Jack di ruangan hanya dengan cara memadukan warna masing-masing perabotan, yang sebenarnya memilki warna salah satu unsur bendera tersebut.

Jangan lupa, bila ingin lebih mempertegas nuansa British dalam ruangan Anda selain memadukan warna-warna dasar tembok dengan  perabotan Anda juga bisa menambahkan sedikit saja unsur pendukung lain.

Misalnya adalah dengan menempelkan kain bendera Britania Raya tersebut di salah satu sisi ruangan, atau menempelkan poster dengan corak siluet Ratu Inggris yang legendaris tersebut.

Selamat mencoba!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Saeno
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro