Bakteri Mycobacterium leprae penyebab kusta/slideshare.net
Health

Indonesia Ditargetkan Bebas Kusta Tahun 2019

Muhammad Abdi Amna
Rabu, 25 Februari 2015 - 16:50
Bagikan

Bisnis.com, TANGERANG— Kementerian Kesehatan menargetkan pada tahun 2019 masalah penyakit kusta di seluruh provinsi di Indonesia dapat terselesaikan.

Nila Djuwita Farid Moeloek, Menteri Kesehatan, mengatakan pihaknya akan berkoordinasi dengan Kementerian Sosial untuk menyelesaikan persoalan penderita kusta yang tersebar di pinggir jalan.

“Kami akan minta Kemensos untuk mengatasi penderita kusta di jalan, sehingga Kemenkes akan fokus pada penyembuhan atau penanganan medisnya,” ujarnya di Kota Tangerang, Rabu (25/2/2015).

Menurutnya, Kementerian Kesehatan akan membuat program agar para penderita kusta direhabilitasi, sehingga dapat kembali produktif dan bergaul dengan masyarakat secara normal.

Menurutnya, rencana Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk membangun rumah tinggal sementara hingga para penderita kusta kembali mandiri merupakan usulan bagus.

Dari total 17.000 penderita kusta di Indonesia, tuturnya, peran tenaga kesehatan di puskesmas untuk aktif di lapangan sangat dibutuhkan, karena indikasi penyakit kusta yang diawali oleh tanda bintik pada tubuh selalu dianggap hal biasa oleh masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Nancy Junita
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro