(Ki-ka) Mike dari band punk Marjinal, penyanyi jazz Margie Segers, Staf Pengembangan Kreativitas WALHI Ferdinand Rachim, Gideon Momongan/Antara
Musik

Musisi Ini Ingatkan Bahaya Banjir Lewat Lagu

Newswire
Rabu, 11 Maret 2015 - 08:27
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA— Lewat lagu "Banjir Lagi", Mike dari band punk Marjinal berpesan agar masyarakat Indonesia tidak pasrah dengan bencana lingkungan yang terjadi berulang-ulang. 

Pria bernama lengkap Mikail Israfil itu menuturkan, bencana seperti banjir atau asap dari kebakaran hutan telah terjadi berkali-kali membuat sebagian masyarakat terbiasa dan menjadi maklum.

"Berbagai bencana yang berulang ironisnya dianggap jadi musim, bukan kebobrokan struktural yang harus dipertanyakan," kata pria itu di Jakarta, Selasa (10/3/2015) malam.

"Mereka hanya menerima saja. Kita harus berbuat sesuatu dan bergerak," katanya tentang lagu "Banjir Lagi" dalam album kompilasi "Pulihkan Indonesia" dari Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI). 

Mengampanyekan kesadaran menjaga lingkungan hidup melalui musik merupakan alternatif untuk menggerakkan hati masyarakat, tambah Mike.

Saat cara konvensional yang sudah dilakukan berulang kali hanya membuahkan hasil yang itu-itu saja, maka cara baru patut dicoba menurut Mike, yang menyebut strategi pendekatan lewat musik cocok untuk masyarakat Indonesia.

"Masyarakat Indonesia itu suka musik dan nonton film. Jadi aspirasi teman-teman akan lebih menarik bila disampaikan lewat musik," katanya.

WALHI telah memproduksi album kedua yang mengusung genre jazz. Album Jazz Hijau bertema "Masih Ada Cinta Untuk Lingkungan" berisi 12 lagu yang melibatkan Bintang Indrianto sebagai music director

Para musisi yang berpartisipasi meliputi Denny Chasmala, Iqbal, Oele Pattiselanno, Bonita and the Hus Band, Margie Segers, Iwa K, serta penyanyi jazz Belanda Heleen Van den Hombergh.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro