Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

4 Jenis Makanan Yang Sebaiknya Dihindari Anak Usia 6-9 Bulan

Pakar Gizi Medis dari Universitas Indonesia dr Saptawati Bardosono mengatakan Jenis makanan seperti kacang hijau dan kacang merah yang direbus, diblender dan disaring merupakan makanan yang sangat baik untuk si kecil usia 6 sampai 9 bulan.
Fitri Rachmawati
Fitri Rachmawati - Bisnis.com 25 April 2015  |  10:42 WIB
4 Jenis Makanan Yang Sebaiknya Dihindari Anak Usia 6-9 Bulan
Anak makan - bisnis/Yayus Yuswoprihanto
Bagikan
Bisnis.com, JAKARTA - Pakar Gizi Medis dari Universitas Indonesia dr Saptawati Bardosono mengatakan Jenis makanan seperti kacang hijau dan kacang merah yang direbus, diblender dan disaring merupakan makanan yang sangat baik untuk si kecil usia 6 sampai 9 bulan.
 
Hal ini karena kandungan gizinya sangat cukup untuk memenuhi kebutuhan asupan nutrinya. Namun, sebaliknya sebaiknya Anda hindari memberikan 4 jenis makanan ini a.l.
 
Cokelat
Cokelat mengandung kadar lemak dan gula yang tinggi, sedangkan kadar proteinnya kurang. Jika anak terutama pada usia 6 sampai 9 bulan diberikan cokelat khususnya dengan porsi yang berlebihan dikhawatirkan akan merusak pertumbuhan gigi, dan kebutuhan gizi terutama protein tidak akan tercukupi.
 
Madu
Sedangkan madu sebaiknya dihindari, dan boleh dikonsumsi hanya dengan porsi yang sedikit. Hal ini karena jenis makanan ini terlalu banyak kandungan protein, lemak maupun karbohidratnya.
 
Kacang Tanah Dan Kacang Mede
Sedangkan untuk kacang tanah, selain kandungan protein, lemak hingga karbohidrat yang terlalu tinggi untuk anak usia 6 sampai 9 bulan. Anjuran menghindari pemberian kacang tanah ini dikarenakan alasan alergi.
 
Dikhawatirkan jika anak diberikan jenis makanan ini akan menyebabkan alergi, terutama bagi anak yang memiliki orang tua dengan riwayat alergi kacang-kacangan.
 
 
Untuk itu, sebaiknya jika inginmemberikan jenis makanan ini tunggu si kecil berusia 12 bulan atau satu tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kesehatan anak gizi anak
Editor : Martin Sihombing
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top