Ilustrasi/Rebloggy
Fashion

Perhatikan Hal Ini Saat Memilih Rak Buku

Azizah Nur Alfi
Jumat, 8 Mei 2015 - 16:05
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA– Desain rak buku unik dapat menjadi ide agar rak buku anda tidak lagi monoton. Namun, dalam menentukan desain yang tepat perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini, agar keberadaan rak buku tidak membuat tatanan ruang menjadi berantakan.

Desainer interior Rahmad Priyono menuturkan dalam membuat rak buku tidak bisa sembarangan. Perlu memperhatikan lebar buku dan kapasitas rak itu sendiri.

Kapasitas dan lebar yang melebihi ketentuan desain awal justru dapat merusak keindahan rak buku itu sendiri. Jangan sampai keberadaannya terlihat semrawut dan ramai.

Jenis buku juga menjadi detil yang harus diperhatikan. Misalnya, buku di bidang hukum banyak memiliki cover dengan warna gelap atau buku anak muda dengan cover lebih cerah.

Warna ini perlu dipadukan dengan latar belakang rak buku agar seimbang. Detail lain yang perlu diperhatikan seperti, ketinggian plafon dan keberadaan barang dalam sebuah ruangan.

“Kebutuhan rak buku itu sendiri yang nantinya menentukan desain yang tepat. Sementara bahan baku biasanya menyesuaikan bujet konsumen,” katanya.

Dalam penempatannya, rak buku sebaiknya tidak bersinggungan dengan fungsi interior yang lain. Sebuah ruangan biasanya terbagi dalam empat sisi. Dalam setiap sisinya digunakan untuk pintu, jendela, hingga penempatan lukisan.

“Jangan sampai terjadi bentrokan. Misalnya, di bagian bawah rak buku, sementara bagian atas terdapat lukisan. Yang seharusnya bisa manis, tapi justru lebih ramai. Penempatannya harus menyatu dengan yang lain,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Azizah Nur Alfi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro