Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Perhatikan Hal Ini Saat Memilih Rak Buku

Desain rak buku unik dapat menjadi ide agar rak buku anda tidak lagi monoton. Namun, dalam menentukan desain yang tepat perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini, agar keberadaan rak buku tidak membuat tatanan ruang menjadi berantakan.
Azizah Nur Alfi
Azizah Nur Alfi - Bisnis.com 08 Mei 2015  |  16:05 WIB
Ilustrasi - Rebloggy
Ilustrasi - Rebloggy

Bisnis.com, JAKARTA– Desain rak buku unik dapat menjadi ide agar rak buku anda tidak lagi monoton. Namun, dalam menentukan desain yang tepat perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini, agar keberadaan rak buku tidak membuat tatanan ruang menjadi berantakan.

Desainer interior Rahmad Priyono menuturkan dalam membuat rak buku tidak bisa sembarangan. Perlu memperhatikan lebar buku dan kapasitas rak itu sendiri.

Kapasitas dan lebar yang melebihi ketentuan desain awal justru dapat merusak keindahan rak buku itu sendiri. Jangan sampai keberadaannya terlihat semrawut dan ramai.

Jenis buku juga menjadi detil yang harus diperhatikan. Misalnya, buku di bidang hukum banyak memiliki cover dengan warna gelap atau buku anak muda dengan cover lebih cerah.

Warna ini perlu dipadukan dengan latar belakang rak buku agar seimbang. Detail lain yang perlu diperhatikan seperti, ketinggian plafon dan keberadaan barang dalam sebuah ruangan.

“Kebutuhan rak buku itu sendiri yang nantinya menentukan desain yang tepat. Sementara bahan baku biasanya menyesuaikan bujet konsumen,” katanya.

Dalam penempatannya, rak buku sebaiknya tidak bersinggungan dengan fungsi interior yang lain. Sebuah ruangan biasanya terbagi dalam empat sisi. Dalam setiap sisinya digunakan untuk pintu, jendela, hingga penempatan lukisan.

“Jangan sampai terjadi bentrokan. Misalnya, di bagian bawah rak buku, sementara bagian atas terdapat lukisan. Yang seharusnya bisa manis, tapi justru lebih ramai. Penempatannya harus menyatu dengan yang lain,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

interior tips gaya hidup
Editor : Andhina Wulandari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top