Sofa motif karya Sergio Bicego / interiorzine.com
Fashion

Sofa Motif, Alternatif Percantik Ruangan Menjelang Lebaran

Azizah Nur Alfi
Senin, 15 Juni 2015 - 13:39
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- Pemilihan sofa kini tidak lagi terbatas pada warna netral atau satu warna saja. Penggunaan sofa motif juga dapat menjadi alternatif untuk mempercantik ruang tengah Anda menjelang Hari Raya.

Ide desain interior yang menggunakan sofa dengan motif dan kain berwarna-warni, salah satunya diusung Sergio Becigo melalui karyanya Pixel Sofa. Ragam warna yang dihadirkan mampu menciptakan ruang keluarga tampil lebih meriah dan ceria.

Sebelum memastikan sofa yang akan dipilih, Anda perlu memperhatikan beberapa hal. Tujuannya agar sofa motif dapat melengkapi dan berbaur dengan furnitur lain,
sehingga dapat menambah nilai artistik pada ruangan Anda.

Arsitek Indra Zaka Permana menuturkan Anda perlu memperhatikan motif pada sofa tersebut. Sebisa mungkin sofa motif yang akan dipilih memiliki satu tema dengan bentuk dan isi ruangan.

Jika ruangan berbentuk membulat dan banyak diisi ornamen bulat, ada baiknya motifnya hadir dengan elemen bulat.

Kedua, motif dapat dijadikan aksen. Motif pada sofa tak selalu harus terlihat dominan. Keberadaan motif cukup di salah satu sisi, sehingga ruang memiliki arah pandang atau orientasi yang lebih kuat.

Penggunaan motif besar dan warna gelap dapat menguatkan kesan berat. Begitu juga sebaliknya untuk penggunaan motif yang lebih kecil. Jika terlalu dominan, maka secara visual bisa mengganggu bentuk ruang.

"Yang kotak tak terlalu terlihat kotak. Yang panjang tak terlihat panjang. Yang sempit bisa tambah sempit," tuturnya.

Ketiga, jika point pertama terpenuhi, maka Anda bisa memainkan warna dengan motif kontras. Tentang warna kontras, adalah paduan 2 warna atau lebih warna primer yang bukan turunannya. Semakin kontras maka semakin memecah orientasi visual atau arah pandang dominan mata.

"Jika warna primer dipadu dengan warna sekunder atau tersier lain atau warna turunannya yang lebih tua atau muda, bisa ga jadi kontras juga," terangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Azizah Nur Alfi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro