Ilustrasi/blogkesehatan.net
Health

Iyengar Yoga, Ini Bedanya dengan Yoga Biasa

Ipak Ayu H Nurcaya
Sabtu, 27 Juni 2015 - 08:30
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Belakangan yoga kian digemari masyarakat Indonesia, tak hanya masyarakat pecinta olahraga beberapa selebritis tanah air seperti penyanyi, Andien dan Raisa pun kian hobi memposting foto-foto yang tengah menunjukan gaya saat melakukan yoga.

Terbaru ribuan masyarakat memadati pintu satu Lapangan Senayan, Jakarta untuk berkumpul melakukan yoga bersama dalam rangka Hari Yoga Internasional yang jatuh tepat pada 21 Juni lalu. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Kedutaan India di Indonesia.

Praktisi yoga sekaligus pemilik Iyengar Yoga di Indonesia, Riana Singgih mengatakan di zaman yang banyak menuntut kecepatan, yoga sangat cocok dijadikan sebagai alternatif dan sarana relaksasi khususnya masyarakat urban.

“Untuk minat yoga di Indonesia saya rasa dalam lima tahun ini terus meningkat. Saya sendiri sudah fokus melakukan dan mengajarkan iyengar yoga selama lebih dari 25 tahun,” kata Riana.

Riana mendapat ilmu dan belajar tentang iyengar yoga langsung dari guru pencetus Iyengar yang berasal dari India yakni BKS Iyengar. Inti dari Iyengar Yoga adalah teknik menjaga posisi tulang dan seluruh bagian tubuh agar selaras dengan pikiran.

Kemudian Riana mulai membuka Iyengar sejak tahun 2000 an. Pusat olahraga Iyanger Yoga milik Riana sudah tersebar di empat daerah yakni Kelapa Gading, Kemang, Meruya dan yang baru dibuka di Pantai Indah Kapuk.

Riana mengaku tak memilki target khusus pada bisnis olahraganya ini, Riana hanya ingin masyarakat lebih banyak yang mengenal dan belajar Iyengar.

Salah satu pelatih Iyengar, Dedy Suhendang, menjelaskan lebih jauh tentang Iyengar Yoga. Menurutnya jenis yoga ini sama dengan yoga yg lain yakni Hatha, Kundalini, Bakram dan Asthanga yang pada akhirnya adalah proses manusia mengenal sang penciptanya.

Bahkan Iyengar yoga sendiri dimulai dari jenis Hatha yang kemudian para pengikut BKS Iyengar menyebutnya sesuai dengan nama sang guru. Hanya saja ada teknik khusus yang ada pada Iyengar yakni detail posisi tubuh.

Iyengar juga menggunakan alat bantu seperti tali, selimut dan blok yang jarang digunakan pada jenis yoga lainnya. Dengan teknik khusus menjaga keseimbangan tubuh ini, body, mind and soul atau tiga unsur utama dalam yoga akan bekerja dengan maksimal.

“Pada iyengar, pelatih akan mengajarkan teknik-teknik dasar dahulu untuk mencapai keseimbangan fisik, setelah itu pikiran dan jiwa otomatis akan lebih mudah dilatih,” katanya.

Dedy menambahkan beberapa manfaat dari Iyengar Yoga adalah manusia akan lebih mudah mengenali dirinya sendiri. Setelah mengenal pada diri sendiri, dia akan sadar siapa akan dirinya dan darimana dirinya berasal.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro