Problem yang sering dihadapi adalah kulit dan bibir yang terasa lebih kering. /Bisnis.com
Health

Tips Cantik Jelang Hari Raya Lebaran

Ipak Ayu H Nurcaya
Minggu, 12 Juli 2015 - 01:20
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Merawat kulit dengan baik merupakan salah satu bentuk rasa syukur umat muslim terhadap karunia Tuhan Yang Maha Esa. Meski bulan puasa, perawatan kulit sebaiknya tetap rutin dilaksanakan guna mendapatkan kulit yang tetap sehat sampai perayaan hari raya yang tentunya setiap wanita ingin tampil cantik.

Selain itu masyarakat diimbau untuk memperhatikan faktor keamanan dalam melakukan upaya perawatan kulit. Salah satu bentuk perawatan kulit yang dapat dilakukan adalah skin rejuvenation (peremajaan kulit).

Dokter spesialis kulit kecantikan dari Bamed Skin Care, Sari Chairunnisa mengatakan upaya ini harus dilakukan dengan cermat, yaitu dengan memperhatikan kondisi umum, kesehatan dan kebutuhan individu yang berbeda-beda. Konsep ini dikenaldengan istilah individualized therapy.

“Pemeriksaan dan pengawasan terapi tersebut harus dilakukan oleh para ahli. Penyeragaman metode ke semua individu akan menimbulkan risiko, baik medis maupun ketidakpuasan pasien,” kata Chairunnisa.

Skin rejuvenation merupakan suatu prosedur untuk mencegah, menghambat atau memperbaiki kulit yang sudah mulai berubah akibat bertambahnya usia dan mengembalikan ke keadaan kulit saat usia masih muda.

Kerusakan kulit dapat disebabkan oleh faktor instrinsik dan ekstrinsik. Faktor instrinsik adalah faktor penuaan sedangkan faktor ekstrinsikpaling banyak melibatkan sinar matahari atau UV. Skin rejuvenation sendiri dapat dicapai melalui berbagai modalitas.

Charunnisa menambahkan terdapat beberapa macam peremajaan kulit. Pertama, yaitu peremajaan harian yang dapat dilakukan dengan menggunakan krim perawatan wajah. Selanjutnya peremajaan dengan metode peeling secara kimiawi atau chemical peeling, maupun secara mekanis seperti mikrodermabrasi.

Tindakan ini bertujuan untuk mengangkat lapisan kulit paling luar, untuk memicu pertumbuhan kulit yang baru dan lebih sehat, sehingga kulit terlihat lebih muda dan cerah. Peremajaan dengan modalitas termal atau panas dengan menggunakan perangkat radio frekuensi (RF) digunakan untuk menginduksi efek termal pada kulit yang memicu produksi kolagen sehingga kulit akan tampak lebih muda dan kencang.

Kemudian peremajaan dengan injeksi berupa botulinum toxin (botox) atau filler. Ada juga peremajaan secara bedah, yaitu dengan facelift atau mini facelif. Sedangkan peremajaan lainnya yaitu dengan menggunakan sinar atau cahaya berupa laser atau Intense pulse light (IPL).

“Pemilihan metode peremajaan kulit yang individual sangat diperlukan karena pemilihan krim perawatan wajah untuk perawatan harian dan modalitas atau tindakan lain yang diperlukan itu harus disesuaikan sesuai jenis kulit, usia, kebutuhan, bahkan aktivitas harian dari individu tersebut,” ujar Chairunnisa.

Tidak ada syarat khusus dalam menjalani program skin rejuvenation dan program ini juga tetap bisa dilakukan di bulan Ramadhan. Untuk batas usia perawatan ini dimulai dari usia dewasa yakni di atas usia 18 tahun.

Untuk menentukan dan menjalani program skin rejuvenation yang tepat diperlukan kerjasama yang baik antara dokter dan pasien. Beberapa tips dalam memilih modalitas yang tepat dan efektif adalah membekali diri dengan pengetahuan mengenai berbagai modalitas skin rejuvenation dari berbagai sumber yang terpercaya dan lakukan program skin rejuvenation oleh dokter yang kompeten dibidangnya.

Selanjutnya ketika sedang menjalani puasa, problem yang sering dihadapi adalah kulit dan bibir yang terasa lebih kering. Hal ini dapat dikomunikasikan pasien kepada doktermya untuk memilih krim perawatan wajah yang sesuai dengan tipe kulit dan kondisi.

Pastikan konsumsi air putih selama bulan puasa tetap terjaga dengan takaran 30-50 cc/kgBB/24 jam. Selain ituberikan perhatian ekstra pada bibir dengan menggunakan pelembab bibir secara rutin selama bulan puasa, hindari kebiasaan membasahi bibir dengan ludah karena akan membuat bibir semakin kering.

“Jangan ragu untuk tetap menjalani olahraga atau aktivitas fisik pada bulan Puasa dengan cara mengatur jadwal olahraga menjadi mendekati waktu buka dan memilih jenis olahraga yang tepat seperti yoga, pilates, dan lainnya,” ujar Chairunnisa. []

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro