Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Inilah Tips Agar Tetap Fit Saat Kemarau

Musim kemarau dikabarkan akan melanda Indonesia hingga November 2015. Di beberapa daerah, kekeringan melanda. Bagaimana cara menjaga kesehatan tubuh saat kemarau? Apa saja penyakit yang berpotensi timbul?
Tisyrin Naufalty Tsani
Tisyrin Naufalty Tsani - Bisnis.com 07 Agustus 2015  |  23:11 WIB
Ilustrasi - Howstuffworks
Ilustrasi - Howstuffworks

Bisnis.com, JAKARTA - Musim kemarau dikabarkan akan melanda Indonesia hingga November 2015. Di beberapa daerah, kekeringan melanda. Bagaimana cara menjaga kesehatan tubuh saat kemarau? Apa saja penyakit yang berpotensi timbul?

Menurut pakar nutrisi dan olahraga dari Shaga yaitu Rizal Al Idrus, ada beberapa jenis penyakit yang mudah muncul selama musim kemarau. Apa saja?

Penyakit yang paling sering muncul berkaitan dengan rongga mulut dan tenggorokan. “Kondisi mulut yang kering, sangat baik untuk perkembangan virus dan bakteri,” katanya kepada Bisnis.

Jenis-jenis keluhan yang biasanya muncul antara lain radang tenggorokan, sariawan, dan bibir pecah-pecah.

Penyakit yang berhubungan dengan saluran pencernaan yaitu diare juga kerap datang. Ini disebabkan adanya bakteri yang masuk ke saluran pencernaan dari mulut. Saat musim kemarau, tubuh kerap kekurangan cairan sehingga sistem kekebalan tubuh melemah dan mudah terserang diare.

Jika mengalami diare, aktivitas biasanya akan sangat terganggu karena harus berkali-kali buang air besar.

Keluhan lainnya yang biasa timbul saat musim kemarau adalah dehidrasi serta penyakit yang berkaitan dengan saluran pernafasan. Hati-hati juga terhadap kuman penyebab penyakit tipes yang banyak tersebar di lingkungan pada musim kemarau.

Untuk menjaga kesehatan selama musim kemarau, ada beberapa hal yang harus dilakukan. Salah satu yang penting yaitu cairan tubuh harus selalu tercukupi yaitu sebanyak dua liter atau delapan gelas air putih per hari.

Selanjutnya, konsumsi nutrisi seimbang, jangan lupakan multivitamin dan mineral. Jika perlu konsumsi suplemen.

Jaga juga kebersihan diri dari dalam dan luar. Jaga kebersihan tubuh dan  selalu gunakan masker saat bepergian. Pilih juga makanan yang bersih saat berada di luar.

Olahraga juga sangat penting untuk menjaga kebugaran di musim kemarau. Rizal menyarankan olahraga empat kali seminggu dengan durasi 45 menit-90 menit.

Dari segi makanan dan minuman, Ketua Umum Pakar Gizi dan Pangan (Pergizi Pangan) Indonesia Hardinsyah mengingatkan untuk memperbanyak konsumsi sayur dan buah serta minum dalam jumlah cukup. Di musim kemarau, konsumsi sayuran berkuah seperti sop, lodeh, atau sayur asem.

Konsumsi juga lauk pauk untuk memperkuat imunitas tubuh yaitu dengan kandungan zinc. Sumber makanannya antara lain daging merah, seafood, dan daging kelinci.

Yang tak kalah penting, hindari minum air yang terlalu dingin dalam jumlah banyak. “Jangan terlalu banyak es nanti iritasi di tenggorokan,” katanya.

Bagaimana, siap hadapi musim kemarau bukan?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kesehatan kemarau bpjs kesehatan kesehatan masyarakat
Editor : M. Syahran W. Lubis

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top