Bagaimana Cara Menerima Kritik di Tempat Kerja

Sangat penting untuk belajar bagaimana cara menerima kritik dengan rasa syukur dan rasa menghargai terutama ketika Anda sedang bekerja. Sulit untuk mengendalikan emosi ketika Anda baru saja menyelesaikan proyek penting dan bos Anda membuat daftar semua hal yang harus Anda perbaiki.
Yulianisa Sulistyoningrum | 12 September 2015 11:00 WIB
Ilustrasi - Womansday
Bisnis.com, JAKARTA -- Sangat penting untuk belajar bagaimana cara menerima kritik dengan rasa syukur dan rasa menghargai terutama ketika Anda sedang bekerja. Sulit untuk mengendalikan emosi ketika Anda baru saja menyelesaikan proyek penting dan bos Anda membuat daftar semua hal yang harus Anda perbaiki.
 
Cobalah untuk tidak terlalu mudah berkecil hati karena kritik konstruktif dalah bagian penting untuk pekerjaan apapun. Jangan mudah tersinggung hanya karena orang lain telah memberikan kritik. Mereka hanya mencoba membantu dan memberi nasihat.
 
Cobalah untuk melihat kritik dengan cara yang positif, sehingga Anda dapat menjadi lebih baik pada apa yang Anda lakukan. Berikut adalah beberapa tips yang sanagt bermanfaat tentang cara menerima kritik saat bekerja seperti di kutip dari laman careerealism:
 
Tetap tenang
Salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan jika Anda ingin belajar bagaimana menerima kritik di tempat kerja adalah untuk tetap tenang dan menunda reaksi pertama Anda. Dengarkan apa yang orang lain katakan dan luangkan waktu sebentar sebelum bereaksi. Ambil napas dalam-dalam dan tenangkan diri. Dengan cara ini, Anda akan dapat melihat sesuatu dengan lebih jelas dan Anda akan menerima kritik dengan rasa syukur.
 
Bersikap Positif
Sikap positif benar-benar dapat mengubah perspektif Anda pada banyak hal. Cobalah untuk merespon dengan cara yang tenang dan positif terhadap kritik apapun. Dengan cara ini, orang-orang disekitar Anda akan mengagumi Anda bahkan akan menjadi inspirasi bagu beberapa dari Mereka. Anda juga akan merasa baik terhadap diri Anda karena Anda bisa menerima kritik dengan cara yang membangun.
 
Akui Kesalahan Anda 
Selalu mengakui kesalahan Anda dan ambil tanggung jawab atas tindakan Anda. Jika Anda telah melakukan sesuatu yang salah, coba untuk memperbaikinya dan tidak menyalahkan orang lain atas kesalahan Anda. Santai saja dan fokus pada apa yang dapat Anda lakukan untuk memperbaiki keadaan. Dengan cara ini, bosa Anda akan menghargai Anda karena mencoba untuk memperbaiki kesalahan-kesalah Anda dan kesediaan Anda untuk bekerja keras untuk melakukannya. Jangan khawatir, kita semua membuat kesalahan, jadi jangan terlalu keras pada diri sendiri.
 
Jangan bersikap Defensif
Cobalah untuk tidak bersikap defensif ketika seseorang mengkritik Anda dan benar-benar mendengarkan apa yang mereka katakan. Ini mungkin sulit kadang-kadang, terutama ketika Anda tidak begitu menyukai orang tersebut. Tetapi cobalah untuk mengendalikan emosi Anda dan ingatkan diri Anda bahwa mereka hanya mencoba untuk membantu Anda.
 
Jangan Mudah Tersinggung
Cobalah untuk tidak mudah teringgung ketika menerima kritik dan fokus pada apa yang orang lain benar-benar katakan. Apakah mereka hanya membuat komentar yang jahat atau mereka benar hanya mencoba membantu untuk meningkatkan kualitas kerja Anda.
 
Jangan Menyimpan Dendam
Jika seseorang mengkritik pekerjaan Anda, cobalah untuk tidak menyimpan dendam terhadap mereka. Karena mungkin saja itu adalah cara mereka mencoba untuk membantu Anda membuat lebih baik mengenai apa yang Anda lakukan. Merespon dnegan marah atau kesal pada seseorang karena mereka telah mengkritik Anda dapat mempengaruhi pekerjaan di masa depan. Cobalah untuk mendengarkan apa yang akan dikatakan kritikus dan coba untuk meningkatkan performa Anda.
 
Menghadapi kritik dapat menjadi tantangan yang nyata. Tetapo Anda juga dapat belajar bagaimana Anda menerima kritik dengan syukur dan rasa menghargai.

 

Tag : inspirasi bisnis
Editor : Martin Sihombing

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top